/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Wakil Bupati (Wabup) Ngawi, Ony Anwar Harsono, S.T., M.H., berkunjung ke Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (05/01/2021). Kunjungan kerja (kunker) kali ini bertujuan untuk berdiskusi tentang proyek infrastruktur sumber daya air (SDA) strategis di wilayah Ngawi, yang dilaksanakan dengan tetap menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dalam diskusi juga dilakukan pembahasan permasalahan di bidang sumber daya air (SDA) yang ada di Ngawi, salah satunya banjir, sehingga perlu dilakukan koordinasi lebih lanjut dalam penangannya. Selain itu, Ngawi juga termasuk lumbung pangan Nasional yang menghasilkan produksi padi sekitar 780.000 ton per tahun, juga memerlukan sistem irigasi yang memadai guna menunjang produktivitas petani, yang diwujudkan melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI).

Pada Tahun Anggaran (T.A.) 2020 BBWSBS telah melaksanakan kegiatan infrastruktur bidang SDA yang berdampak terhadap Ngawi, meliputi pelaksanaan program P3TGAI, rehabilitasi jaringan D.I. SIM, pengeboran, pengadaan, dan pemasangan sumur air tanah untuk air baku di daerah yang mengalami kekeringan. Dan untuk T.A. 2021 program kegiatan BBWSBS di Ngawi, meliputi pelaksanaan penyiapan ijin operasi beberapa infrastruktur bendungan, pembangunan Embung Sidomulyo, serta rehabilitasi Bendung Plesungan D.I. Pondok.

Kepala BBWSBS, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., dalam paparannya menyampaikan bahwa lingkup kerja BBWSBS tersebar di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, konstruksi, hingga operasi dan pemeliharaan sebagai upaya konservasi SDA. “BBWSBS rutin melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi dari hulu hingga hilir Sungai Bengawan Solo. Oleh karena itu, dengan adanya sinergitas serta koordinasi dari berbagai pihak terkait di Ngawi, kita dapat menjaga ekosistem sungai dan melaksanakan pembangunan infrastruktur SDA secara tepat sasaran,” tandasnya.

Wabup Ngawi, Ony Anwar Harsono, S.T., M.H.,, juga menyampaikan harapan masyarakat Ngawi di masa mendatang, agar tidak lagi terjadi banjir setelah adanya penanganan dan pemanfaatan jaringan irigasinya menjadi lebih baik. “Semoga kedepannya percepatan pembangunan yang melibatkan BBWBS di Ngawi ini dapat berjalan lancar dan menjadi komitmen bersama bagi kita dalam menentukan skala prioritas proyek,” pungkasnya. (BBWSBS/Ferri)