Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Kompu-Cimancis

RAWAN GERUSAN DARI ALIRAN SUNGAI CIPELES, BENDUNG RENGRANG DI KABUPATEN MAJALENGKA DIHARAPKAN SEGERA BISA MEMBERIKAN MANFAAT.

SUMEDANG – Bendung Rengrang yang membendung aliran Sungai Cipeles di Desa Malaka, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang hari Kamis (14/01/2021) dikunjungi Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc. bersama jajarannya.

Bendung Rengrang direncanakan untuk mengairi Daerah Irigasi Rengrang seluas 2.216 Ha serta suplesi ke Daerah Irigasi Ujung Jaya seluas 1.603 Ha sehingga total area yang diairi seluas 3.819,16 Ha. Konisi tata guna lahan terdiri atas lahan hutan, semak belukar, tegalan, areal irigasi dan permukiman, terhadap potensi gerusan di hilir Bendung Rengrang sehingga diperlukan desai perkuatan dasar sungai di hilir bendung.

Dalam pengarahannya Kepala BBWS menyampaikan dengan kondisi permasalahan geologi tanah pada Bendung Rengrang yang unik diperlukan upaya teknik luar biasa untuk mengelolanya, sambil menunggu manfaat utama tercapai diharapkan manfaat sampingan sudah dapat diberikan.

Selanjutnya Bendung Rengrang juga harus dijaga dengan cara pemanfaatan bangunan untuk peruntukannya, terakhir Kepala BBWS mengingatkan pentingnya pengaman Aset, dengan cara memberikan tanda-tanda pada tanah, bangunan dan peralatan yang sudah dikuasai atau dibeli. (PPID-Cimancis)