Komunitas Sungai Miliki Peran dalam Menjaga Kualitas Air

Berkembangnya komunitas sungai, termasuk di Yogyakarta, dapat menjadi sarana untuk menjaga kualitas dan kontinuitas air, dengan syarat tetap memperhatikan fungsi dasar sungai, yaitu menampung dan mengalirkan air. Bahkan, jika dikelola dengan baik, sungai dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya melalui pariwisata.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Suyanto, saat menghadiri acara Gowes Pinggir Kali yang digagas oleh Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai (FORSIDAS) Gajah Wong di Yogyakarta, Jumat (13/11). Suyanto menyatakan, dirinya menyambut baik kegiatan di Sungai Gajah Wong yang diselenggarakan dalam rangka penataan kawasan kumuh tersebut.

“BBWS Serayu Opak hadir di wilayah DIY maupun Jawa Tengah untuk menjalankan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan sumber daya air. Kita sadari bahwa air merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan kita bersama. Kegiatan pada hari ini dapat menjadi contoh sekaligus semangat, terutama untuk daerah yang berada di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), yang meliputi ekosistem di hulu, tengah, maupun hilir,” ujarnya.

Suyanto menegaskan, kita perlu memahami bahwa air merupakan anugerah yang menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, kegiatan yang dinisiasi oleh komunitas sungai juga merupakan aksi nyata untuk mengikuti langkah para leluhur dan pendahulu kita untuk menjaga kelestarian air dengan semangat guyub dan rukun.

“Hal ini perlu dibarengi dengan semangat mengabdikan dan mengamalkan ilmu maupun tenaga untuk menjadikan kelestarian. BBWS Serayu Opak selalu siap untuk mendukung secara berkelanjutan,” tutupnya. (en/ifn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =