Sidang Pleno I TKPSDA WS POS Bahas Sinkronisasi Pengelolaan SDA

Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai (WS) Progo Opak Serang (POS) mengadakan Sidang Pleno I yang merupakan sidang perdana di tahun 2021 pada Senin (22/2) secara daring, yang dipusatkan di kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Yogyakarta.

Kepala Sekretariat TKPSDA WS POS, Pramono, menjelaskan salah satu agenda sidang adalah Sinkronisasi Program Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA). Adapun bahan paparan disampaikan oleh empat narasumber, yaitu Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Bappeda Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas PUP ESDM DIY, dan Dinas PUSDATARU Jawa Tengah. Diharapkan, melalui TKPSDA WS, program dan rencana kegiatan instansi dalam pengelolaan SDA dapat dilaksanakan secara terpadu.

“Harapan kami dengan diselenggarakannya sidang kali ini dapat memberikan manfaat dalam pelaksanaan sidang ke depannya, dan dapat menghasilkan rumusan usulan rekomendasi yang memberikan manfaat dalam pengelolaan sumber daya air secara terpadu,” ujar Pramono yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) BBWS Serayu Opak.

Lebih lanjut, Pramono menuturkan, pada sidang kali ini dilaksanakan pergantian Ketua dari Kepala Bappeda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah, dan pergantian Ketua Harian dari Kepala Dinas Pusdataru Jawa Tengah kepada Kepala Dinas PUP ESDM Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut mengacu pada Kepmen PUPR Nomor 916/KPTS/M/2018, yang mengatur bahwa setiap tahun dilaksanakan pergantian Ketua dan Ketua Harian TKPSDA WS POS. Hal ini dikarenakan WS POS berada dalam 2 provinsi, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

“Setelah dilaksanakan serah terima ketua dan ketua harian, maka akan dilaksanakan pembahasan rencana kerja tahunan TKPSDA Wilayah Sungai Progo Opak Serang sesuai draft yang telah disusun tahun lalu, juga evaluasi dan RKT 5 tahunan sejak 2019, dengan harapan rencana sidang ke depan dapat disepakati bersama, sehingga pelaksanaan ke depannya akan berjalan lebih baik,” jelas Pramono. (ifn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 6 =