Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Papua Barat > Pelatihan Petugas OP Irigasi SDA PB: Tingkatkan Pengetahuan dan Wadah Silaturahmi


Rabu, 09 Juni 2021, Dilihat 399 kali

 

BWSPAPUABARAT - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Petugas Operasi dan Pemeliharaan Irigasi, Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Papua Barat menggelar pelatihan kepada Petugas OP Irigasi. 

Kegiatan yang di ikuti sebanyak 40 peserta tersebut dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sp 4 Manokwari, Provinsi Papua Barat dan dilanjutkan dengan praktek lapangan di Bendung Aimasi. Rabu, 9 Maret 2021. 

Dalam sambutannya, PPK OP SDA I Popo Asijono, didampingi Ketua Panitia S. Dwi Irjayanto mengatakan, pada pelatihan kali ini pihaknya memberikan materi terkait Praktek Lapangan pengisian BlangkoPOB, PPA dan O, yang dibawakan oleh DR. Ir. Drs. Syamsuddin Mansoer, DIPL.HE.

"Kami berharap pelatihan ini dapat membantu dan memudahkan para petugas OP Irigasi dalam melaksanakan tanggung jawabnya sehari-hari," tuturnya. 

Sementara itu, Petugas OP dari Distrik Aimasi, Taufik mengatakan, pelatihan tersebut memberikan pengetahuan baru, terutama dengan metode pelatihan gabungan yang terimanya. 

Menurutnya, metode tersebut sangat bermanfaat karena tidak hanya belajar dalam ruangan namun langsung melakukan praktek dilapangan. 

"Kami berharap pelatihan seperti ini semakin ditingkatkan kedepannya, karena ini benar-benar membantu kami, apalagi kami ini hanya petani, latar belakangnya bukan dari teknik," ujarnya sambil tertawa. 

Berbeda dengan Taufik, Petugas OP Irigasi dari Prafi, Damu mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan baru, namun juga menjadi wadah untuk bertukar pikirkan dan berbagi cerita bersama dengan petugas OP lainnya. 

"Jadi kita tidak hanya belajar, tapi bisa bersilaturahmi bertemu dengan teman-teman yang ada ini," tuturnya sambil menunjuk kepada Petugas OP lainnya. 

Meskipun dilaksanakan secara tatap muka namun Pelatihan tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sebelum masuk ruangan harus mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh, penggunaan masker, dan menjaga jarak.