SDA-net

Penanganan Banjir, BWS Sulawesi III Akan Buka Alur Sungai Baru di Sigi

penanganan-banjir-bws-sulawesi-iii-akan-buka-alur-sungai-baru-di-sigi

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Torabelo yang berada di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dilanda banjir, pada Kamis 9 Juli 2020. Sejumlah ruangan di rumah sakit mulai terendam air sejak pukul 18.00 WITA. Sebagai dampaknya sebagian besar pasien yang dirawat di rumah sakit pun dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Menanggapi banjir tersebut, Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu melakukan peninjauan langsung ke tempat evakuasi dan berencana akan membuka alur sungai baru untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Terkait rencana membuka alur sungai baru ini disampaikan langsung oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu, Feriyanto Pawenrunsi, Jumat (10/7), pasca dilakukan tinjauan langsung di daerah sungai di Kabupaten Sigi.

Rencana ini merupakan penanganan awal sebagai antisipasi terjadinya banjir susulan. Menurut Feriyanto Pawenrusi, ada kemungkinan dipermanenkan untuk mengantisipasi terjadinya luapan air sungai kembali terjadi. 


“Untuk pencegahan awal, BWS Sulawesi III berencana akan membuka alur sungai yang baru di Sungai yang meluap dan mengakibatkan rumah sakit tersebut terendam banjir,” jelas Feriyanto.

Dari hasil survei yang dilakukan BWS Sulawesi III hari ini di sungai tersebut, aliran air yang seharusnya melewati palung sungai ternyata tidak melewati Sungai, sehingga menyebabkan air sungai tersebut tidak beraturan, dan mengakibatkan banjir.

Sementara itu, Bupati Sigi, Irwan Lapata menambahkan untuk penanganan banjir, Pemerintah Kabupaten Sigi telah menurunkan sebanyak dua alat berat di lokasi banjir sebagai pencegahan awal.

“Minimal airnya tidak masuk ke dalam, dinas PU akan bekerjasama dengan Balai Sungai dan alat dari Pemda kalau tidak salah ada dua yang naik ke atas,” kata Irwan.

Sementara itu, banjir yang merendam Desa Sidera khususnya RSUD Torabelo kini sudah surut sejak Kamis (9/7) malam. Pembersihan sudah dilakukan sejak Jumat (10/7) pagi dan sejumlah fasilitas kesehatan diamankan di ruangan yang lebih aman.

Sumber: Kumparan.com



Berita Lainnya

Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Sumur Bor untuk Air Baku di Pesantren Hidayatullah, Kab. Poso

Monev BWS Sulawesi III Palu pada wilayah Kab. Poso, Prov. Sulawesi Tengah dilaksanakan di lokasi Pekerjaan Pembangunan Sumur Bor untuk Air Baku di Pesantren Hidayatullah…

Halal Bihalal Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR

Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulawesi Tengah melalui DWP Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu mengikuti kegiatan Halal Bihalal Dharma Wanita Persatuan Keluarga…

Site Visitation to PT Poso Energy (Audiensi), Tentena, Kab. Poso, Prov. Sulawesi Tengah

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu melaksanakan audiensi di PT. Poso Energy pada Jumat, 12 Maret 2021, dihadiri oleh Kepala Balai beserta rombongan yang terdiri dari…

Kegiatan Sinkronisasi dan Pertemuan Teknis terkait Kebijakan Pengelolaan Sistem Informasi Hidrometeorologi, Hidrologi, dan Hidrogeologi (SIH3)

Palu - Balai Wilayah sungai Sulawesi III melaksanakan kegiatan Sinkronisasi dan Pertemuan Teknis terkait Kebijakan Pengelolaan Sistem Informasi Hidrometeorologi, Hidrologi,…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved