Direktur Sungai dan Pantai Ditjen SDA Jarot Widyoko dan Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Hidayah melakukan kunjungan ke lokasi banjir di Perumahan Harapan Indah, RW 17 dan RW 20 di Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi. Turut mendampingi kunjungan diantaranya Camat Medan Satria Kota Bekasi Lia Erlina, Perwakilan Dinas BMSDA Kota Bekasi, para pejabat BBWSCC serta warga Kelurahan Pejuang.

Dalam kunjungannnya Jarot Widyoko menyampaikan penyebab banjir yang pertama di sebabkan oleh drainase lingkungan yang mampet, kedua karena sungai Blencong dan sungai Kapuk yang menyempit. Langkah awal BBWS Ciliwung Cisadane akan menginventarisasikan permasalahan yang ada, lalu karena ini melewati Kota dan Kabupaten Bekasi, kewenangan seperti drainase itu adalah kewenangan Kota dan Kabupaten, itu juga terkait dengan Pengembang Perumahan yang sampai saat ini prasarana umumnya belum diserahkan. Untuk itu setelah inventarisasi permasalahan akan kita rapatkan minggu depan. Langkah awal akan segera disiapkan adalah kesiapan pompa untuk diprogramkan di tahun 2020. 

Kunjungan juga dilakukan ke Sungai Belencong dan Sungai Kapuk di Harapan Indah Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.

Camat Medan Satria Lia Erlina mengungkapkan peninjauan ini adalah untuk dapat terpetakan permasalahan yang sebenarnya dengan faktual dilapangan yaitu terkait dengan drainase dan sungai yang sekarang berubah fungsinya, oleh karena itu dengan peninjauan lapangan ini diharapkan adanya percepatan penanganan dan dapat dipetakan serta diinventarisir permasalahannya sehingga penyelesaiannya dapat dilakukan secara bersinergi antara Pemerintah Pusat, Kota dan Kabupaten Bekasi. 

Permasalahan banjir pada umumnya sangat terkait erat dengan tatakelola drainase kawasan Perumahan yang kurang baik dan kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai serta okupasi masyarakat kebadan sungai.

Pengendalian banjir dilakukan secara terpadu dari hulu sampai hilir diperlukan perencanaan yang tepat dan pelaksanaan infrastruktur pengendali banjir yang didukung oleh Pemkot dan Pemkab serta peran masyarakat setempat.

Sumber Foto : Humas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here