Seminar Nasional Pembangunan Dan Pengelolaan Bendungan 2019, diselenggarakan dari tanggal 3 sampai dengan 5 Oktober 2019 bertempat di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan. Acara seminar tahun ini menggusung tema “Tantangan Penyelesaian Pembangunan dan Pengelolaan 65 Bendungan serta Keberlanjutan Program di Masa Mendatang”.
Acara seminar ini merupakan kerja sama antara Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNI-BB), Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR, Pemprov Sulawesi Selatan, BUMN Perencana, Pelaksana dan Pengelola Bendungan Besar serta Forum Perencana, Pelaksana dan Pengelola Bendungan Besar.

Menurut Ketua Umum KNI-BB Dr. Ir. Hari Suprayogi, M.Eng ada dua tantangan ke depan yaitu pertama, dalam penyelesaian pembangunan 65 Bendungan harus adanya perencanaan yang baik untuk menyelesaikan permasalahan teknis maupun non-teknis. Kedua, pada program visium 2030 target Bendungan untuk memenuhi kapasitas tampung 120
m3/kapita/tahun diperlukan inovasi-inovasi yang lebih karna Indonesia saat ini masi di 50
m3/kapita/tahun. Selain itu seminar ini diadakan bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi yang bernilai inovasi.

Dalam seminar ini dihadiri kurang lebih 832 orang, BBWS Ciliwung Cisadane turut berpartisipasi dan acara di buka oleh Gubernur Prov. Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. H.M. Nurdin Abdullah, M.Agr serta peluncuran Buku Manajemen Pelaksanaan Bendungan Tipe Urugan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here