Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane melakukan serah terima hasil pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Tahap II Tahun Anggaran 2019. Kegiatan P3TGAI dihadiri oleh Kepala BBWSCC Bambang Hidayah, Kepala Bidang O&P Wijayanto, Kepala Satuan Kerja O&P  M. Rian Wahyu K, Kepala Bidang Pelaksanaan Duki Malindo, Kasi Perencanaan O&P  Hery Setiawan, Kasi Pelaksanaan O&P Ratih Ajeng Widati H, PPK O&P II Putu Joni Wiryadi, PPK O&P III M. Ibrahim, Perwakilan Kepala Desa di Kabupaten Bogor, para tenaga pendamping masyarakat dan para Ketua P3A bertempat di Fave Hotel, Jakarta, Rabu, (27/11/2019).

Penandatanganan berita acara serah terima pekerjaan P3TGAI Tahap II secara simbolik dilakukan oleh Kepala Satuan Kerja O&P M. Rian Wahyu K. dengan Ketua GP3A Harum Sari Desa Purwasari disaksikan oleh Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Hidayah.

Bambang Hidayah menyampaikan P3TGAI ini merupakan salah satu kegiatan dalam program pembangunan infrastruktur bersifat mandiri, jadi merupakan kegiatan padat karya dengan memberdayakan masyarakat petani yang berada di wilayah tersebut. Untuk tahun 2019 BBWS Ciliwung Cisadane telah melaksanakan kegiatan P3TGAI secara bertahap yaitu ada dua tahap yang pertama di Kabupaten Bogor ada dua puluh lokasi kemudian di Kabupaten Tangerang ada tida puluh lokasi dan untuk tahap ke dua ada lima puluh lokasi keseluruhannya ada di Kabupaten Bogor.

Terlaksananya kegiatan partisipasi masyarakat petani tentunya diharapkan mampu meningkatkan jaringan irigasi tersier yang menjadi tanggung jawab Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane. Ada dua indikator keberhasilan kegiatan P3TGAI ini adalah pertama khususnya pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh masyarakat petani, kemudian yang ke dua adalah meningkatnya jaringan irigasi tersebut.

Eka Komara sebagai P3A Cinangsi Maju, Desa Cikuda Kecamatan Parung Panjang, Bogor mengatakan dengan adanya program ini, sawah kami terairi dan juga petani Ikan merasakan perputaran airnya sudah berjalan.

“Mudah-mudahan tahun depan desa kami mendapatkan kembali dan program ini untuk masyarakat petani sangat bermanfaat, dari dua kali panen dengan adanya program ini bisa tiga kali panen”, tuturnya. (Humas-Ag).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here