Pemprov DKI Jakarta bersama BBWS Ciliwung Cisadane dan Badan Pertanahan Negara (BPN) melakukan kegiatan Sosialisasi Sudetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) kepada warga RW 14 Kelurahan Bidara Cina Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, bertempat di Aula Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu,(20/11/2019). 

Kegiatan Sosialisasi disampaikan oleh Kepala SNVT PJSA BBWS Ciliwung Cisadane Fikri Abdurrachman, perwakilan Tim TGUPP M. Chozin A, perwakilan dari Kantor Pertanahan Kota Adminitrasi Jakarta Timur Margo Purwanto, Camat Jatinegara Asril Rizal, Lurah Bidaracina Dadang Yudi Hartono dan diikuti oleh warga RW 14 Bidara Cina.

Kepala SNVT PJSA BBWSCC Fikri Abdurrachman memberikan pemaparan kegiatan pelaksanaan pekerjaan sudetan kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur, lokasi lahan yang terkena pengerjaan dan biaya untuk pembebasan lahan.

Fikri Abdurachman menyampaikan bahwa kami ingin membuat saluran sekaligus juga ada normalisasinya, untuk RW 14 ini lebih condong ke normalisasinya, karena sudetan ini dibangun di desain itu dengan lebar sungai Ciliwungnya itu sudah ideal seperti yang di BRI dan Bukitduri. Kita juga harus membangun dilokasi seperti itu, tidak bisa pinggir sungainya seperti kondisi sekarang.

M. Chozin A menyampaikan kami mengucapkan terimakasih kepada warga, karena pembangunan itu terkena tanah warga, karena demi kepentingan untuk mengurangi banjir. 

“Kami bisa memastikan prosesnya itu adil, warga yang mempunyai tempat itu mendapatkan hak-haknya secara adil, itu yang coba kita kawal”, tuturya. Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab.

Sudetan kali Ciliwung ke Banjir Kanal Timur ini bertujuan untuk mengalirkan sebagian air kali Ciliwung ketika banjir ke Kanal Banjir Timur, karena ketika kali Ciliwung banjir Kanal Banjir Timur tidak banjir jadi airnya akan dialirkan ke KBT. 

Jalur pekerjaan yang dilewati adalah di RW 05, RW 04 dan RW 14 Kelurahan Bidara Cina kemudian Jalan Otista 3 di Cipinang Cempedak, RW 06 di Cipinang Besar Selatan, untuk di Kelurahan Cipinang Besar Selatan sudah dilakukan pekerjaan, RW 05 Bidaracina sudah tersedia lahannya dan yang belum bebas lahannya ada di RW 04 dan RW 14 Kelurahan Bidara Cina.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan agar warga mengetahui dan paham area mana yang akan dibuat pekerjaan sudetan dan proses pengadaan lahannya dilakukan secara adil. (Humas-Ag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here