Thursday, 24 January 2019
Thursday, 24 January 2019
Home » BERITA BBWS-PJ » Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan meninjau lokasi banjir Kabupaten Barru

Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan meninjau lokasi banjir Kabupaten Barru

Sabtu, (29/12), Pasca kejadian bencana banjir akibat curah hujan tinggi yang terjadi di Kabupaten Barru pada Jumat, 28 Desember, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah bersama Bupati Kabupaten Barru, Suardi Saleh, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, T. Iskandar, BASARNAS,BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, BPBD Kab. Barru dan Dinas-Dinas terkait meninjau lokasi yang terkena dampak banjir tersebut.

Pada beberapa wilayah Kecamatan, Sejumlah Infrastruktur dan rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan. Pemerintah Kabupaten Barru telah merilis data sementara kerusakan dampak kejadian banjir.

Tercatat beberapa wilayah yang terkena dampak diantaranya :

Kecamatan Tanete Rilau, 4 rumah Hanyut, Sawah dan Tambak Tergenang, Jalan longsor.

Kecamatan Barru hampir semua wilayahnya terkena dampak bencana banjir ini, kerusakan yang dialami berupa 1 rumah tertimbun longsor, Sebagian besar rumah warga dan Fasilitas Pemerintahan tergenang, ratusan hektar sawah dan tambah tergenang, Jembatan gantung putus, dan 1 irigasi jebol sepanjang 10 meter

Kecamatan Balusu merupakan wilayah terparah dari dampak banjir, tercatat 2 korban jiwa meninggal, 4 rumah warga hanyut terbawa arus, 1 mobil hanyut, 1 Jembatan putus, 2 tiang listrik tumbang, ratusan rumah warga dan ratusan hektar sawah tergenang.

Kecamatan Soppeng Riaja, Sebagian besar sawah dan empang warga tergenang, rumah warga dan pasar tradisional tergenang.

Kecamatan Mallusetasi sebagian besar sawah dan empang tergenang, beberapa rumah warga dan fasilitas umum juga ikut tergenang

Setelah Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan beserta rombongan meninjau beberapa titik kerusakan, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang dan Tim Kaji Cepat (TKC) dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BBWS Pompengan Jeneberang berdiskusi terhadap penanganan jangka pendek dan jangka panjang guna mengantisipasi bencana yang akan timbul dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*