Monday, 24 June 2019
Monday, 24 June 2019
Home » BERITA BBWS-PJ » Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Konsultan Pendukung Program IPDMIP

Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Konsultan Pendukung Program IPDMIP

Integrated Participatory Development and Management Of Irrigation Program (IPDMIP) merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten. Upaya ini diharapkan dapat mendukung tercapainya swasembada beras sesuai program Nawacita Pemerintah Indonesia.

Pada bulan lalu telah dilaksanakan Penandatanganan Kontrak 4 paket pekerjaan IPDMIP yang terdiri dari SID Kewenangan Pusat berjumlah 2 D.I, SID Kewenangan Provinsi 5 D.I, dan SID Kewenangan Kabupaten 1 dan Kabupaten 2 sebanyak 37 titik lokasi Daerah Irigasi dengan total area seluas 29.761 Ha tersebar di 5 Kabupaten.

Jumat, 28 Desember 2018, telah dilaksanakan Penandatanganan kontrak paket pakerjaan Konsultan Pendukung pelaksanaan Program IPDMIP. Kegiatan ini diadakan di ruang rapat kantor BBWS Pompengan Jeneberang. Paket pekerjaan Konsultan Pendukung Pelaksanaan Program IPDMIP dikerjakan oleh PT RayaKonsult – PT. Ciriajasa Engineering KSO, dengan waktu pelaksanaan 39 Bulan.

Dalam arahannya, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, T. Iskandar menyampaikan Konsultan Pendukung mempunyai tugas untuk membantu BBWS Pompengan Jeneberang dalam melakukan pelaksanaan kegiatan rehabilitasi prasarana irigasi dan rawa kewenangan Pusat, dan mendampingi serta mendukung pelaksanaan pembinaan kegiatan rehabilitasi prasarana irigasi kewenangan daerah. Selain itu, memberikan bantuan teknis dan pendampingan kegiatan program IPDMIP yang menjadi kewajiban BBWS Pompengan Jeneberang yang tersebar di Bidang Perencanaan, Bidang Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air serta Bidang Operasi dan Pemeliharaan, dan melakukan koordinasi guna memastikan terlaksananya rencana kegiatan-kegiatan di seluruh tingkatan sesuai jadwal.

Untuk itu, Dibutuhkan Sinergitas dan singkronisasi antara Konsultan IPDMIP, Konsultan Pendukung IPDMIP, Pemerintah provinsi, Kabupaten/Kota, dan para stakeholder yang terkait dalam pekerjaan ini. Harapannya, Kegiatan IPDMIP ini bisa memberikan manfaat pada peningkatan nilai dan keberlanjutan irigasi pertanian sehingga dapat mencapai sasaran, yaitu peningkatan ketahanan pangan dan pendapatan masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Turut menyaksikan penandatanganan kontrak ini, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, T. Iskandar, Kepala Bidang Program dan Perencanaan Umum, Hasrawati Rahim, Kepala Bidang PJPA, Suryadharma Hasyim, Kepala Bidang O & P, Rini S. Harun, Kepala Satker O & P, Nurlela, Kepala Satker PJPA, Syamsul, PPK Program dan Perencanaam Umum, Fajar Arif Nurdin, dan para penyedia jasa.