Thursday, 23 May 2019
Thursday, 23 May 2019
Home » BERITA BBWS-PJ » Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Hasil Jaringan Studi Rasionalisasi Jaringan Hidrologi BBWS/BWS Wilayah Timur

Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Hasil Jaringan Studi Rasionalisasi Jaringan Hidrologi BBWS/BWS Wilayah Timur

Dalam rangka mewujudkan jaringan pos Hidrologi yang efektif dan efisien guna menghasilkan kualitas data Hidrologi yang akurat dan berkelanjutan, Direktorat Bina Penatagunaan Sumber Daya Air, Ditjen SDA, Kementerian PUPR menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Hasil Studi Rasionalisasi Jaringan Pos Hidrologi BBWS dan BWS Wilayah Timur. Bertempat di Swiss –Bellhotel, Makassar, Kegiatan ini diadakan pada tanggal 8 – 10 Mei 2019, diikuti oleh perwakilan dari masing-masing BBWS dan BWS Wilayah Timur.

Ir. Suparji, S.ST, MT, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang selaku tuan rumah mengatakan Untuk menghasilkan pos hidrologi yang efektif dan efisien ditinjau dari biaya operasi dan pemeliharaan pos hidrologi yang cukup besar dari tahun ke tahun, dan umur dari peralatan yang makin tua, dibutuhkan suatu studi rasionalisasi jaringan pos hidrologi yang ada dalam Wilayah Sungai (WS), sehingga secara dini dapat diketahui pos-pos mana yang sangat dominan serta dapat menggambarkan karakteristik daerah aliran sungai tersebut dan pos-pos mana yang kurang dominan dan dapat direlokasi.

Dengan studi ini diharapkan kuantitas dan kualitas data pada pos yang dominan dapat dijaga dan kualitas peralatan dapat ditingkatkan serta melakukan realokasi pos-pos yang kurang dominan.

Setelah dibuka oleh Kepala BBWS Pompengan Jeneberang semalam, kegiatan pada hari ini dibagi menjadi 3 tahap, pada tahap pertama, Diskusi Asistensi Hasil Evaluasi Rasionalisasi untuk BWS Kalimantan I, II, III, BWS Nusa Tenggara I, dan II, pada tahap kedua Diskusi Asistensi Hasil Evaluasi Rasionalisasi untuk BWS Sulawesi I, II, III, IV, BWS Maluku, BWS Maluku Utara, tahap akhir, Diskusi Asistensi Hasil Evaluasi Rasionalisasi untuk BWS Papua, BWS Papua Barat, BWS Bali Penida, dan BBWS Pompengan Jeneberang.