Air Sungai di Kali Kuning Tersedot ke Tanah

Yogyakarta, (11/2)- Sebuah video yang memperlihatkan tersedotnya aliran sungai ke dalam lubang di tengah sungai viral di lini media sosial, berlokasi di Bendung Sambirejo Desa Selomartani Kalasan Sleman, aliran Sungai Kali Kuning tersedot ke lubang berdiameter 3×4 meter dengan kedalaman 2 meter di tengah sungai. Menanggapi kejadian tersebut Tim Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak bersama Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Sleman meninjau lokasi tersebut.

Fenomena alam ini diduga terjadi karena aliran arus sungai yang begitu deras disertai material pasir dari hulu Sungai Gendol menggerus dasar sungai sehingga membentuk lubang, sehingga air yang semestinya mengalir melalui atas tanggul mencari jalan sehingga menembus sisi bawah
Dikutip dari Kedaulatan Rakyat, Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Kabupaten Sleman, Ahmad Subhan, membenarkan fenomena tersedotnya aliran air ke dasar sungai tersebut murni karena kejadian alam. Derasnya aliran air akibat hujan yang terjadi di Puncak Merapi beberapa hari sebelumnya mengakibatkan air yang mengalir di Kali Kuning juga cukup deras.

Pihak terkait telah melakukan normalisasi agar tidak merusak bendung yang memang dibangun untuk menahan aliran lahar dingin di sungai tersebut. Lubang telah ditutup menggunakan batu dan beton. (iqy)