BBWS Serayu Opak dan Balai PSDA Gelar Lomba OP Irigasi


Untuk meningkatkan pemberdayaan kelembagaan pengelolaan Irigasi P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air ), Balai PSDA DIY bekerjasama dengan BBWS Serayu Opak menggelar Lomba Operasi dan Pemeliharaan Irigasi yang dikemas dalam sarasehan. Acara yang berlangsung di Hotel Innside, Kamis-Jumat (12-13/4) ini diikuti oleh P3A dari empat kabupaten.

Keempat peserta P3A itu yakni P3A Sekarmulyo, Donomulyo Nanggulan Kulonprogo, P3A Tirto Mulyo Kiri, Kalitirto, Berbah, Sleman, P3A Amrih Lestari Tanjung, Ngipik, Karangmojo, Gunungkidul dan P3A Karang Tani, Dusun Wanujoyo Lor, Srimartani, Piyungan Bantul.

Kepala Balai PSDA, Bambang Sugiharto dalam sambutannya mengatakan kegiatan lomba ini merupakan agenda rutin tahunan. Pihaknya bekerja sama dengan BBWS Serayu Opak sebagai penyelenggara, sedangkan pemenangnya akan dikirim ke tingkat nasional pada bulan Juni mendatang, di Surabaya. “Ya untuk lomba tingkat nasional, rencana akan diadakan di Surabaya,” tukasnya.

Bambang juga menginformasikan, materi lomba hari pertama para P3A diberikan waktu untuk menjawab pertanyaan kemudian hari berikutnya dilanjutkan dengan penilaian lapangan.

Lomba ini dinilai bagus untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan P3A tentang pemanfaatan air dan dan prasarana yang sudah ada, dengan mengedepankan pemberdayaan kelembagaan pengelola irigasi P3A.

Masing -masing P3A ke depan harus mampu meningkatkan kemampuan dalam berbagai aspek, diantaranya aspek kelembagaan, aspek manajerial dan aspek kemampuan teknis, dengan demikian mereka mampu berpartipasi dalam perencanaan dan pelaksanaan.

“Aspek kelembagaan meliputi kepengurusan, AD/ART, strategi dan program kerja, managerial lebih kepada keberhasilan manajerial, sosial ekonomi dan keuangan/finansial sedangkan kemampuan teknis menuntut untuk punya inisiatif dan tata cara operasional dan pemeliharaan irigasi dan usaha tani, pelaksanaan OP irigasi,” jelas Bambang. (wartakonstruksi.com)