BBWS Serayu Opak Gelar Diskusi Teknis DOISP-II

Yogyakarta, Senin (14/Jan). Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Ditjen SDA Kementerian PUPR lakukan diskusi Dam Operasional Improvement And Safety Projec Pashe II (DOISP-II): Studi Optimasi Rencana Pengerukan Sedimen Waduk Sempor Beserta Rencana Operasi dan Pembuangan Sedimen bersama PT. Caturbina Guna Persada, serta Penyusunan Inspeksi Khusus dan Manual Monitoring Bendungan Sempor, Wadaslintang dan Sermo Pasca Gempa Bumi bersama PT. Dehas Intramedia Karsa.
Kepala Satker Operasi dan Pemeliharaan BBWS Serayu Opak Ir. Singgih Nurcahyo, Sp 1 menyampaikan bahwasannya inventarisasi dan kompilasi data-data sekunder harus akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. “Data-data yang nantinya akan dipaparkan juga harus sinkron dengan hasil yang didapat dari lapangan, serta gunakan waktu secara efisien dan optimal sehingga diskusi dapat berjalan dengan optimal” ungkapnya.
Maksud dari kegiatan Manual Monitoring Bendungan Sempor, Wadaslintang dan Sermo pasca gempa bumi adalah untuk memperoleh tahapan-tahapan teknis yang menggambarkan tingkat keamanan bendungan dari aspek geologi, dengan sasaran dapat meningkatkan operasi dan keamanan bendungan sehingga terjaga kelestarian fungsi dan keamanannya. Sementara itu tujuan dari Studi Optimasi Rencana Pengerukan Sedimen Waduk Sempor Beserta Rencana Operasi dan Pembuangan Sedimen adalah untuk mendapatkan kajian pengendalian dan pengelolaan sedimentasi waduk yang tepat dan umtuk memperbesar kapasitas tampungan waduk melalui pengerukan sedimen.
Kepala Seksi Perencanaan OP BBWS Serayu Opak Antyarsa Ikana Dani, ST,M.Eng menghimbau dalam menentukan lokasi tampungan sedimen hasil pengerukan agar melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) tentang penampungan hasil pengerukan sedimen.
Singgih berharap melalui perencanaan operasional dan pemeliharaan waduk, bendung dan bendungan yang maksimal dapat terwujud kelestarian fungsi dan keamanan serta bermanfaat untuk kepentingan bersama. (giy/iqy)