Kepala BBWS Serayu Opak Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Air


Kepala BBWS Serayu Opak Ditjen SDA Kementerian PUPR Tri Bayu Adji mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kualitas air. Dirinya juga mengapresiasi para anggota komunitas sungai maupun para akademisi yang telah mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian air.

Hal tersebut disampaikan Tri Bayu saat memberikan sambutan dalam acara Susur Sungai di area Sungai Winongo, Yogyakarta, pada Sabtu (24/3). Acara ini sendiri digelar sebagai bagian dari Peringatan Hari Air Dunia (HAD) XXVI Tahun 2018.

“Dengan acara Susur Sungai ini, diharapkan kita dapat mengetahui kualitas air yang ada. Selain itu, juga mengetahui kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi sungai,” kata Kepala BBWS Serayu Opak.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Komunitas Sungai Yogyakarta (AKSY) Endang Rohjiani menjelaskan, selain mengadakan acara Susur Sungai, pihaknya juga melakukan pemantauan kualitas air di 6 sungai, Bedog, Winongo, Code, Gajahwong, Tambakbayan, Kali Kuning dengan metode biotilik.

“Hari ini juga ada acara yang melibatkan 160 mahasiswa untuk membersihkan mata air di wilayah Tegalrejo, Yogyakarta. Sedangkan pada acara Susur Sungai ini, dilibatkan mahasiswa dari UPN, UKDW, Atma Jaya, UIN, Sanata Dharma, dan perguruan tinggi lain. Rangkaian acara tersebut bukan hanya seremonial, tetapi merupakan tekad untuk mengedukasi masyarakat agar menjaga kelestarian air,” kata Endang. (ifn/bbws-so)