Koordinasi Penanganan Sungai di Yogyakarta

Pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak bersama Balai Permukiman dan Prasarana Wilayah Provinsi DI. Yogyakarta dan FORSIDAS Gajahwong melakukan koordinasi dalam rangka rencana penanganan dan pemeliharaan sungai di Yogyakarta. Banyaknya kasus pelanggaran di sempadan sungai serta kondisi sungai yang urgen untuk segera dilakukan penanganan, sehingga menjadikan koordinasi lintas instansi perlu segera dilakukan.

Kepala BBWS Serayu Opak, Ir. Agus Rudyanto, M.Tech, menbenarkan pentingnya koordinasi tersebut, sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut. “Melalui Kabid Perencanaan dan Program BBWS Serayu Opak agar terus bersinergi dan berkoordinasi sehingga bisa dilakukan penanganan yang terbaik,” ucapnya. Agus berpesan agar segera dibuat agenda pertemuan dengan Sekda DIY untuk menindaklanjuti program-program penanganan sungai di Yogyakarta.

Sementara itu DR. Purbudi Wahyuni, MM, dosen UPN Yogyakarta dan sekaligus perwakilan Komunitas FORSIDAS Gajahwong mengatakan pihaknya sangat mendukung program-program penanganan sungai di Yogyakarta. Pihaknya tengah menggagas pembukaan lahan di salah satu titik di Sungai Gajahwong, tepatnya di Gowok (timur UIN) sebagai jalur alat berat sehingga nanti sewaktu-waktu ada penanganan yang membutuhkan alat berat sudah ada jalur masuknya ke sungai. Lebih lanjut Kepala Balai Permukiman dan Prasarana Wilayah (BPPW) Provinsi DI. Yogyakarta, Tri Rahayu, ST, MT menyatakan beberapa sungai perlu segera dilakukan pengerukan, mengingat sedimen yang kian meninggi. Dirinya berharap sungai-sungai di Yogyakarta kedepan bukan hanya indah, namun juga nyaman bagi masyarakat setempat.(iq)