MCK di atas Saluran Irigasi Progo Manggis Kecamatan Secang Segera Ditindaklanjuti

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak melalui Pengawas Pegawai Negeri Sipil (PPNS) lakukan Koordinasi Rencana Penertiban Bangunan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang berdiri di atas Saluran Irigasi Progo Manggis di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang dengan melibatkan instansi terkait seperti Dinas PU Kabupaten Magelang, Polres Magelang, Polsek Secang, Dinas Kesehatan Magelang, Puskesmas Secang I dan II, Kepala Desa Payaman serta instansi terkait lainnya (28/2).

Kasubbag Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) BBWS Serayu Opak, Duki Subagyo mengatakan koordinasi tersebut dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut atas surat Dinas Kesehatan Magelang untuk penertiban bangunan MCK di Saluran Irigasi Progo Manggis tersebut. “Dasarnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, serta upaya pengawasan Barang Milik Negara agar tetap terjaga masa gunanya sesuai tugas dan fungsi,” papar Duki. Turut hadir pada pertemuan tersebut, Camat Secang, Iwan Agus Susilo mengaku sangat mendukung atas kegiatan yang akan, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya mendukung program “Bebas Buang Air Besar Sembarangan” yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Dari hasil pertemuan tersebut, BBWS Serayu Opak akan melakukan koordinasi dengan Satker/Dinas Cipta Karya Kabupaten Magelang untuk mengkonfirmasi adanya program MCK dan sanitasi serta bekerja sama dengan Kodim Magelang atas program jambanisasi sehingga masyarakat tidak lagi BAB di sungai.
Kepala Desa Payaman, Saifudin Ashari menambahkan bahwa saat ini ada delapan bangunan MCK yang berdiri di atas Saluran Irigasi Progo Manggis, melintasi tiga pedukuhan di Desa Payaman, Saifudin mengusulkan sebelum dilakukan penertiban agar dilakukan sosialisasi kepada warga setempat. (iq)