Partisipasi BBWS Serayu Opak pada Romansa Purworejo Expo 2018

Gelaran Romansa Purworejo Expo 2018 sukses menarik perhatian warga masyarakat purworejo dan sekitarnya untuk mengunjungi pameran tahunan yang digelar di Pendapa Purworejo (31 Oktober s/d 4 November 2018). Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR turut berpartisipasi pada pameran tersebut dengan menampilkan proyek-proyek yang digarap di Kabupaten Purworejo, seperti Bendungan Bener, Purworejo dan Penyediaan Air Baku SPAM Regional Keburejo.

Pembangunan Bendungan Bener dimaksudkan untuk mendukung ketahanan pangan dan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait penyediaan air baku untuk wilayah Kabupaten Purworejo pada khususnya, serta Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Kulon Progo pada umumnya. Pembangunan Bendungan Bener dilakukan dengan membendung Sungai Bogowonto di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo.

Untuk ke depan Bendungan Bener ditargetkan mampu melayani area Irigasi seluas 15.519 Ha, menyuplai air baku untuk keperluan Rumah Tangga, Kota dan Industri (RKI) sebesar 1500 l/dt ke 10 Kecamatan di Kab. Purworejo, Kec. Prembun, Bonorowo dan Mirit Kab. Kebumen, serta Kec. Kokap dan Kec. Temon di Kab. Kulon Progo. PLTA untuk suplai energi listrik sebesar 6 MW, perikanan, pariwisata, dan koservasi DAS Bogowonto bagian hulu.

Sementara Tujuan dari pembangunan Penyediaan Air Baku SPAM Regional KEBUREJO adalah untuk memenuhi kebutuhan air baku di wilayah Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo.
SPAM ini ditargetkan dapat menjamin kontinuitas ketersediaan air baku untuk memenuhi kebutuhan air baku sebesar 400 ltr/dtk untuk Kabupaten Kebumen dan sebesar 200 ltr/dtk untuk Kabupaten Purworejo. SPAM ini memanfaatkan salah satu sumber air permukaan potensial yang ada di wilayah tersebut yakni Bendung Pejengkolan yang bermuara di Waduk Wadaslintang.

“Romansa Purworejo Expo 2018 merupakan event tahunan dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo, secara umum dipromosikan semua potensi Kabupaten Purworejo dan mengajak peran masyarakat,” ungkap Bupati Purworejo Agus Bastian saat peresmian pembukaan pameran. Ia mencanangkan tahun kunjungan wisata atau Romansa Purworejo 2020. Dalam jangka waktu tiga tahun ini Purworejo harus berbenah secara menyeluruh demi mempersiapkan sektor pariwisata menjadi jantung perekonomian di kota ini.