Penanaman Pohon Dalam Rangka HMPI 2018

Alam merupakan anugerah yang diberikan Tuhan untuk manusia agar senantiasa dijaga dan dirawat keberadaanya, semakin manusia cinta dan peduli terhadap alam, maka manusia itu sendirilah yang akan merasakan manfaat dan kebaikan semesta. Sadar akan besarnya peran alam bagi kehidupan makhluk hidup sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, Hari Bakti PU ke-73, dan HUT Dharmawanita Persatuan ke-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lakukan Gerakan Penanaman Pohon Nasional yang serentak dilaksanakan pada 17 Desember 2018.

Melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional VII, Kesatkeran Cipta Karya, Dan Kesatkeran Penyediaan Perumahan, memusatkan kegiatan Penghijauan di area Embung Sukorejo, Pancoh, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (17/12).

Tidak kurang dari 1.000 bibit pohon buah-buahan ditanam tersebar di Embung Pancoh Sukorejo dan Embung Karanggeneng di Yogyakarta serta di area Greenbelt Waduk Wadaslintang dan area Waduk Sempor di Jawa Tengah.

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen SDA Djarot Widyoko mengatakan bahwa maksud dan tujuan penghijauan ini adalah untuk meningkatkan koordinasi, kolaborasi, dan sinergisitas antar unit kerja di lingkungan Kementerian PUPR, antar instansi dan para pemangku kepentingan dalam rangka upaya mendukung capaian Revitalisasi GN-KPA .

“Dengan mengusung tema ‘Menanam Pohon Bagi Penyelamatan Lahan dan Air’ pemerintah bertekad mengurangi terjadinya bencana alam yang disebabkan penyempitan badan air, alih fungsi lahan, sedimentasi, pendangkalan serta hilangnya sumber air,” jelas Djarot.

Melalui kegiatan penanaman pohon ini diharapakan mampu meberikan dampak dan semangat untuk menghijaukan kembali alam Indonesia Tercinta. (iqy)