Sambut HAD, BBWS Serayu Opak Gelar Aksi Bersih Sungai


Dalam rangka Peringatan Hari Air Dunia (HAD) XXVI Tahun 2018, BBWS Serayu Opak Kementerian PUPR mengadakan berbagai kegiatan yang diawali dengan Aksi Bersih Sungai yang diadakan hari ini (21/3). Acara dipusatkan di Sungai Code, Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta dan dihadiri oleh jajaran pejabat BBWS Serayu Opak, pemerintah daerah, komunitas sungai, hingga mahasiswa dan masyarakat setempat.

Kepala BBWS Serayu Opak Tri Bayu Adji dalam sambutannya menyampaikan, HAD XXVI Tahun 2018 mengambil tema “Nature for Water”. “Oleh karena itu, marilah kita selamatkan dan manfaatkan alam untuk kelestarian air. HAD sendiri mulai dicanangkan 26 tahun yang lalu oleh PBB untuk memberikan semangat bagi kita semua dalam melestarikan air,” katanya.

Tri Bayu menjelaskan, BBWS Serayu Opak memiliki tugas untuk menjaga dan mengoperasikan sungai, termasuk melindungi infrastruktur pendukungnya. “Kita juga membantu melindungi masyarakat dari ancaman luapan air maupun longsoran. Ayo kita bahu-membahu menjaga sungai. Apabila warga mengalami masalah atau kesulitan yang berkaitan dengan sungai, silakan melapor ke BBWS Serayu Opak,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Mergangsan Tyasning Handayani Shanti menyampaikan bahwa air dan sungai harus dijaga untuk kelestarian ekosistem yang ada. Dirinya menambahkan, selama ini warga yang tinggal di sekitar Sungai Code relatif aman meskipun Yogyakarta sempat diguyur hujan deras beberapa waktu yang lalu. (ifn/bbws-so)