Wilayah Kerja BBWS Serayu Opak

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak terbagi menjadi 2 (dua) Wilayah Sungai (WS), yaitu WS Serayu Bogowonto yang seluruhnya berada di wilayah administrasi Provinsi Jawa Tengah, dan WS Progo Opak Serang (POS) yang melintasi 2 Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Wilayah Administratif WS Progo Opak Serang

Wilayah Sungai (WS) Progo Opak Serang (POS) meliputi 8 wilayah administratif kabupaten/kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Magelang, Kota Magelang, dan Kabupaten Temanggung) dan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta). Luas WS POS adalah 4.077,43 km2, dimana luasan tersebut tidak termasuk wilayah sungai bawah tanah yang berada di Kabupaten Gunungkidul, yang mencakup areal seluas 924,27 km2. Disamping beberapa kabupaten/kota tersebut di atas, ada beberapa wilayah administratif kabupaten lain di Jawa Tengah yang masuk dalam WS POS, yaitu Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kendal, namum tidak secara khusus diperhitungkan dalam analisis, dengan pertimbangan prosentasenya yang relatif kecil.

WilAdmPOS

Sumber: BPS, 2012 dan Analisis data GIS dalam RPSDA WS POS 2014.

 

 

Wilayah Administratif WS Serayu Bogowonto

Wilayah Sungai Serayu – Bogowonto mencakup wilayah Propinsi Jawa Tengah yang meliputi 14 (empat belas) wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Kendal, Kabupaten Magelang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kulon Progo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

WilAdmSerBog

Sumber :   Hasil Analisis berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 04/PRT/M/2015, Tahun 2015

dalam draft RPSDA WS SERBOG 2016.