WILAYAH SUNGAI BANGKA (WS. BANGKA)

WS.Bangka terletak antara 105 05’06’’ bujur timur dan 107 06’04’’ bujur timur serta antara 01 30’04’’ lintang selatan dan 03 08’00’’ lintang selatan. WS. Bangka merupakan wilayah sungai strategis nasional dengan luas WS. sekitar 11.623.50 km2 merupakan sungai lintas Kab. Bangka Barat dan Kota Pangkal Pinang dan sungai terpendek adalah Sungai Senior sepanjang 1,55 km. Terdapat 63 DAS pada wilayah sungai ini, DAS yang terbesar adalah DAS Batu Rusa (untuk jelasnya dapat dilihat pada peta dibawah ini).

WS. Bangka meliputi lima Kabupaten/kota, yaitu : Kota Pangkal Pinang, Kab. Bangka, Kab. Bangka Barat , Kab. Bangka Tengah dan Kab. Bangka Selatan. WS. Bangka mempunyai potensi pariwisata karena dikelilingi oleh bnyak pantai yang indah. Potensi daerah irigasi terdapat di Kab. Bangka Selatan dan Kab. Bangka Tengah . Diwilayah Sungai Bangka banyak dijumpai lobang bekas galian timah, masyarakat setempat menyebutnya dengan “Kolong”. Kolong-kolong ini setelah melalui proses waktu yang cukup lama, airnya dapat dimanfaatkan untuk sumber air baku. Selain hasil timah, didaerah ini juga berpotensi untuk perkebunan terutama kelapa sawit. Selain itu juga potensi perikanan laut menjadi andalan provinsi ini.

Alih fungsi lahan juga terjadi didaerah ini, demikian pula dengan kerusakan lingkungan akibat galian tambang tidak bisa dihindari. Akibat gelombang laut yang begitu besar mengakibatkan terjadi abrasi pantai, juga terjadi sedimentasi pada muara sungai yang mengakibatkan transportasi air menjadi terkendala. Masalah lainnya adalah air sungai yang ada belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai air baku untuk air minum, sedimentasi dan penyempitan air sungai serta naiknya air laut mengakibatkan terjadinya banjir. Juga minimnya sumber energi yang ada, hal ini merupakan tantangan bagi  BBWS Sumatera VIII serta TKPSDA WS. Bangka untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang ada tersebut.(nadjm88/pp)

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *