MENGENAL TKPSDA WS. MUSI-SUGIHAN-BANYUASIN-LEMAU (WS-MSBL) DAN WS-BANGKA

Sesuai Peraturan Menteri Pekerja umum dan Perumahan Rakyat No. 04/PUPR/M/2015 Tentang Kriteria dan Penetapan Wilayah Sungai, maka ada 2 (dua) wilayah sungai yang berada dalam kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII , yaitu Wilayah Sungai Musi-Sugihan-Banyuasin-Lemau atau sering disingkat (WS. MSBL) merupakan wilayah sungai lintas provinsi dan Wilayah Sungai Bangka di Pulau Bangka merupakan wilayah sungai strategis nasional.

Tim koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) dibentuk berdasarkan amanat Undang-Undang No. 7 Tahun 2014 Tentang Sumber Daya Air (sebelum dibatalkan MK pada tahun 2015) dan Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Air. Namun tidak bersifat rektroaktif sehingga semua organisasi/ kelembagaan termasuk TKPSDA WS tetap berlaku dan dapat terus dilaksanakan karena fungsi koordinasi pengelola sumber daya air harus tetap dilakukan. TKPSDA WS mempunyai tugas membantu Menteri Pekerja umum dalam koordinasi pengelolaan sumber daya air melalui :

Pembahasan rancangan pola dan rancangan pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai; Pembahasan rancangan program dan rancangan kegiatan pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai; Pembahasan usulan rencana alokasi air dari setiap sumber air pada wilayah sungai; Pembahasan rencana pengelolaa sistem informasi hidrologi;  hidrometeorologi dan hidrogeologi pada wilayah sungai; Pembahasan rancangan pendayagunaan sumber daya manusia, keuangan, peralatan dan kelembagaan untk mengoptimalkan kinerja pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai dan memberikan pertimbangan kepada Menteri mengenai pelaksanaan pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *