MENGUKUHKAN PREDIKAT SEBAGAI LUMBUNG PANGAN NASIONAL

Sebagai salah satu Provinsi yang mengandung predikat sebagai lumbung pangan nasional ke lima, Provinsi Sumatera Selatan terus berpacu untuk membangun infrastruktur di bidang sumber daya air. Oleh karena itu Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII sebagai institusi yang diberi tugas dalam membangun infrastruktur sumber daya air bertekad untuk terus mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam mencapai tujuan tersebut. Provinsi Sumatera Selatan dengan luas sekitar 87.017,41 km2 dan total jumlah penduduk sekitar 10.675.862 jiwa ini, terdiri dari 17 kabupaten/kota saat ini terus berkembang dan memacu pertumbuhan ekonomi yang meningkat dari tahun ketahun, pada tahun 2016 pertumbuhan ekonomi sebesar 5,03 % meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2015 yang hanya sebesar 4,42 %.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan Ir. Erwin Noor Wibowo yang kami peroleh dari berita nasional, produksi padi ditahun 2016 diperkiraka mencapai 5,4 juta ton gkg atau melampaui target yang ditetapkan sebesar 4,8 juta ton gkg, ini akan menuju surplus beras sebesar 2,5 juta ton. Dikatakan daerah yang menjadi sentra produksi beras di Provinsi Sumatera Selatan antara lain Kabupaten Banyuasin, OKU Timur, OKI dan Kabupaten Musi Rawas.

Luas lahan sawah yang perlu dikembang kan dan dipertahankan  di Provinsi Sumatera Selatan untuk mendukung Program Sumatera Selatan sebagai lumbung pangan seluas 752.150 ha. Seluas 238.974 ha merupakan lahan yang sementara ini tidak diusahakan dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi sawah baru, sedangkan pada lahan yang baru satu kali tanam (IP 100) seluas 399.521 ha, yang dapat dikembangkan menjadi dua kali tanam (IP 200) seluas 155.322 ha.

Selain itu untuk mendukung program 1 juta pembangunan daerah irigasi baru dan 3 juta rehabilitasi daerah irigasi, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII juga akan membangun beberapa daerah irigasi, seperti DI. Komering di kabupaten OKU Timur; DI. Air Lakitan di Kabupaten Musi Rawas serta DI. Lematang di Kota Pagaralam. Sedang untuk rehabilitasi daerah irigasi menyebar di beberapa kabupaten serta daerah-daerah rawa di pantai timur Provinsi Sumatera Selatan.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *