Tingkatkan Pelayanan dan Informasi Publik, BWS Sulawesi II Selenggarakan Kegiatan Komunikasi Publik

0
99

SISDA BWS SUL II, GORONTALO – Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Jumat (17/10/2019) Bertempat di ruang rapat, BWS Sulawesi II gelar kegiatan sosialisasi Komunikasi Publik (Kompu) bersama bagian Komunikasi Publik Direktorat Jenderal SDA. Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Arsin Mokoagow,SE selaku KASUBAG TU BWS Sulawesi II, Zulaidi, ST., MT selaku Kepala SNVT Bendungan, Risnawaty Dangkua, S.H, M.Si selaku PPK Tatalaksana yang menangani kegiatan Komunikasi Publik, para PPK dan Karyawan/Karyawati di lingkungan Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, serta Media partner. Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan BWS Sulawesi II.

Turut hadir dari bagian Komunikasi Publik Ditjen SDA Drs. Ade Satyadharma, M.Si selaku Kasubag Hukum dan Komunikasi publik, Dinda Amalia Rahmadani, S.Si selaku Pranata Humas dan Argie Rinaldy, S.IKom selaku Penelaah Pelayanan Informasi Publik di Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

BWS Sulawesi II dalam mengimplementasi undang-undang No. 14 tahun 2008 mengenai Keterbukaan Informasi Publik (KIP) saat ini terus berupaya meningkatkan pelayanan informasi publik mulai dari inovasi teknis seperti penyediaan ruang pelayanan publik yang nyaman dan pengolahan data teknis kebentuk visual, seperti menghadirkan konsep peliputan yang dikemas lebih santai dengan menggunakan bahasa yang cukup ringan sehingga mampu membuat khalayak mengerti dengan mudah mengenai perkembangan pembangunan yang menjadi tanggung jawab Balai Wilayah Sungai Sulawesi II. Tidak hanya itu, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II juga terus membangun kerjasama dengan media-media lokal dalam penyampaian informasi kepada publik untuk terciptanya sinergitas Informasi antara Pemerintah dengan Media sehingga penyampaian Informasi menjadi lebih akurat dan berimbang.

Drs. Ade Satyadharma, M.Si mengatakan bahwa “Komukasi Publik atau Kompu sekarang sudah berada dibagian Hukum yang dulunya berada di SISDA hal ini berdasarkan Permen No. 3 tahun 2019. Untuk Kompu BWS berada dibawah Sub Bagian Tata Usaha sementara SISDA berada dibawah Seksi Perencanaan dan Program.

Tugas Kompu sendiri meliputi Keterbukaan Informasi Publik, Publikasi dan Produksi Video, kita harapkan hal ini bisa berangsur-angsur secara bertahap dialihkan ke Kompu. Sejauh ini saya melihat bahwa Kompu BWS Sulawesi II sudah jalan bagus walau ada beberapa kendala seperti terbatasnya alat produksi video serta masih perlu penambahan SDM untuk bagian sengketa Informasi dan itu akan menjadi perhatian kami”, Ujarnya.

“menurut UU No 14 tahun 2008, ada tiga jenis Informasi Publik yaitu ada informasi yang wajib disediakan ini tertuang dalam pasal 9, yang wajib diumumkan (pasal 10), dan wajib tersedia (pasal 11) contohnya seperti pergantian pejabat, daftar pejabat dan Informasi soal bencana. Ada juga jenis Informasi yang dikecualikan, contohnya seperti informasi yang dapat menghambat proses hukum, perlindungan hak dan persaingan usaha, pertahanan dan kerahasiaan negara, dan hak pribadi”, tambah Dinda Amalia Rahmadani, S.Si selaku Pranata Humas Bagian Hukum dan Kompu SDA.

Pada kegiatan kali ini diharapkan media partner dan stakeholder bisa turut membantu terwujudnya pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik sehingga informasi yang berasal dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi II bersifat transparan, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, mengingat saat ini ada banyak pelaku penyebar informasi yang tidak memiliki legalitas, sehingga berpeluang menyebarkan informasi yang tidak sesuai fakta atau berita hoax.