Kementerian PUPR Ajak Masyarakat Peduli Akses Air Bersih

Dialog Nasional dengan tema “Penyediaan Air Bersih bagi Seluruh Masyarakat” (29/4)

BWS SUMATERA II -Dalam rangka Hari Air Dunia ke-XXVII tahun 2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Dialog Nasional dengan mengangkat tema “Penyediaan Air Bersih bagi Seluruh Masyarakat”, Senin (29/4) di Jakarta.

Acara dibuka oleh Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Lukman Hakim mewakili Menteri PUPR. Ia menyampaikan, tema yang diangkat pada tahun ini juga berkaitan dengan air bersih dan sanitasi yang layak serta menjamin akses air dan pengolahan sumber daya air yang berkelanjutan bagi semua orang.

Lukman mengatakan, banyak sekali tantangan besar yang dihadapi dalam pemenuhan kebutuhan air, pangan, dan energi yang semakin meningkat. “Melihat penduduk Indonesia yang semakin meningkat dan gaya hidup dan pola konsumsi yang semua itu akan memberi tekanan besar bagi penyediaan air ke depan,” ujarnya.

Tema ini, katanya, sesuai dengan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan air minum dan sanitasi seratus persen bagi seluruh masyarakat Indonesia pada tahun 2019, atau dikenal dengan universal access. Melalui kegiatan dialog nasional ini juga diharapkan dapat menghasilkan ide kreatif dan inovasi, serta menghasilkan kesepakatan yang dapat dilaksanakan bersama dalam pengelolaan sumber daya air.

“Selain itu, saya ingin memberi apresiasi yang tinggi dan semangat khsusnya pada adik-adik generasi muda untuk terus mengembangkan ide dan inovasi kreatif dalam bidang pengelolaan sumber daya air,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR sekaligus Ketua Panitia Dialog Nasional, Fauzi Idris menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menularkan penyediaan akses air dari lokasi ke lokasi lain, meningkatkan peran masyarakat dalam penyediaan air bersih, serta guna meningkatkan kepeduliaan pemerintah daerah dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat.

Acara ini mengundang narasumber dari beberapa kelompok masyarakat yang bergerak di bidang penyediaan air minum dan pemerintah daerah yang berhasil mencapai target Universal Access dan PDAM yang memiliki kinerja baik.

Selain Dialog Nasional pada hari ini juga telah diselenggarakan Lomba Karya Ilmiah Bidang Sumber Daya Air untuk SMA/SMK/MS tingkat nasional yang dimulai dari tanggal 14 Februari hingga 27 April 2019. Berikut daftar pemenangnya:

Juara I : MA Al Irsyad, Bali. Judul Makalah: Teknologi Mesin Air Minum Portabel Dalam Kebencanaan

Juara II : SMAN 1 Kediri, Jawa Timur. Judul Makalah: Pemanfaatan Ekstraksi Kitosan Pada Tepung Larva Lalat Hitam (Hermetia Illucens) sebagai Absorben Logam Pb dan Cu

Juara III : SMK BPI Bandung, Jawa Barat. Judul Makalah: e-CAI Versi 2.0 Inovasi Sistem Penyediaan Air Minum “Easy Cash Zero Waste” di Lingkungan Sekolah

Sumber : Ditjen SDA