Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Sosialisasi Pedoman Umum Program Percepatan

Rate this item
(0 votes)
Sosialisasi Pedoman Umum Program Percepatan Sosialisasi Pedoman Umum Program Percepatan

Sosialisasi Pedoman Umum Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air -Irigasi Kecil

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum meluncurkan Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Pekerjaan Umum (P4-IPU) senilai Rp. 6 Trilyun, sebagai upaya kompensasi perubahan besaran subsidi BBM. Infrastruktur yang dimaksud dalam kegiatan P4-IPU adalah infrastruktur pemukiman, penyediaan air minum, dan infrastruktur sumber daya air. P4 Infrastruktur Sumber Daya Air (ISDA) memiliki 3 sasaran, yaitu penyediaan air baku, pengamanan pantai, dan perbaikan irigasi kecil.

Program P4-ISDA Irigasi Kecil (IK) merupakan salah satu wujud dari pengalihan dana subsidi BBM di bidang pekerjaan umum dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional yang pro rakyat. Oleh karena itu, selain melaksanakan rehabilitasi jaringan irigasi yang menjadi kewenangan pemerintah perlu ada upaya khusus lainnya. Salah satunya dengan penanganan infrastruktur irigasi di kawasan perdesaan melalui program P4-ISDA-IK. Untuk wilayah Sumatera Barat, lokasi pelaksanaan kegiatan adalah sebanyak 158 desa

Program P4-ISDA-IK merupakan sesuatu yang baru, maka pada tanggal 24-25 Juli 2013 di Pangeran Beach Hotel, Padang, SNVT Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air Balai Wilayah Sungai Sumatera V selaku Pelaksana Program P4-ISDA-IK di Propinsi Sumatera Barat melaksanakan Sosialisasi Pedoman Umum P4-ISDA-IK untuk mendukung kelancaran pelaksanaan program ini nantinya. Acara ini dihadiri oleh Tim Pelaksana Balai (TPB) yang telah dibentuk melalui Surat Keputusan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V no HK.01.22/681/BWS.SV/VII/2013. TPB terdiri dari perwakilan dari Dinas PSDA Prov. Sumatera barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V, serta Dinas Pekerjaan Umum dari Kabupaten/Kota yang menjadi lokasi pelaksanaan P4-ISDA-IK, yaitu Kabupaten Solok, Tanah Datar, Agam, Sijunjung, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Kabupaten Padang Pariaman.

Tampil sebagai narasumber dalam acara ini adalah Ir. Isprasetya Basuki, Dipl. HE dari Direktorat Irigasi dan Rawa Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PU. Materi yang disampaikan antara lain Pedoman Umum P4-ISDA-IK dan Arahan Umum Persiapan Pelaksanaan Sosialisasi P4-ISDA-IK di tingkat Kabupaten dan Nagari/Desa. Setelah penyampaian materi, acara kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi TPB dalam rangka menyusun rencana kerja, rekrutmen Tim Pendamping Masyarakat (TPM), dan validasi desa/nagari yang akan menerima bantuan.

Dari rapat koordinasi tersebut, diperoleh kesepakatan bahwa pelaksanaan penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama dengan kelompok tani akan dilakukan pada akhir Agustus 2013 dan diharapkan kegiatan fisik bias dimulai pada September 2013.

Last modified on Monday, 29 July 2013 05:05
Super User

builder & administrator website Ditjen SDA, Kementerian PU.

Website: admin@sda.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version