Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Merapi Sempat Terlihat Muntahkan Batu Pijar, Situasi Masih Aman

Rate this item
(0 votes)
Merapi Sempat Terlihat Muntahkan Batu Pijar, Situasi Masih Aman Merapi Sempat Terlihat Muntahkan Batu Pijar, Situasi Masih Aman

Jakarta - Gunung Merapi di perbatasan Jateng-DIY kembali 'beraktivitas. Gunung teraktif di dunia ini mengeluarkan suara dentuman. Petugas pos pengamatan di Babadan Magelang sempat melihat batu pijar keluar dari puncak gunung tersebut.

Pos pengamatan di Babadan Magelang berjarak kurang lebih 4,4 km dari puncak Merapi. Petugas Triono mendengar dentuman dan gemuruh pada pukul 04.00 WIB.

"Beberapa batu berwarna merah terlontar dari puncak dan mengarah ke barat daya," katanya di pos pengamatan Babadan, Senin (22/7/2013).

Warga Magelang dekat lereng, seperti Kecamatan Dukun dan Sembung tidak panik. Mereka hanya keluar rumah dan memantau situasi. Kemudian kembali masuk saat aktivitas puncak Merapi berangsur normal.

"Warga aman," ungkapnya.

Dari data kegempaan, sepekan terakhir aktivitas Merapi cenderung meningkat. Dari 14-19 Juli, tercatat ada 7 kali gempa vulkanik dangkal, 16 kali gempa multi fase, dan 49 kali guguran serta 4 kali gempa tektonik.

"Tapi masih aman. Statusnya aktif normal," kata Triono.

 

Sumber:  Detik.com

M. Kurdi

Pengelola konten website Direktorat Jenderal Sumber Daya Air yang terkait dengan berita yang dihimpun dari media elektronik lokal dan internasional.

Website: kurdi@sda.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version