Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Pemanfaatan Energi Terbarukan Dari Tenaga Air

Rate this item
(0 votes)
Direktur BPSDA Arie Setiadi Moerwanto dalam acara Dialog Indonesia Pagi Direktur BPSDA Arie Setiadi Moerwanto dalam acara Dialog Indonesia Pagi

Kebutuhan energi semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi. Saat ini asumsi rata-rata 20 tahunan pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat menjadi 6,9 persen dan pertumbuhan penduduk Indonesia 1,4 persen.

Pertambahan jumlah penduduk dan ekonomi yang meningkat mendorong untuk penambahan jumlah pemanfaatan tenaga air sebagai pemasok energi nasional yang ditandai dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). PLTA dapat menjadi alternatif sumber energi dalam rangka pengurangan emisi gas rumah kaca untuk upaya mitigasi perubahan iklim nasional.

“Saat ini potensi yang dimiliki Indonesia sekitar 75 ribu GW. Namun kapasitas yang terpakai baru mencapai 6 persen,” ujar Arie Setiadi Moerwanto Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) dalam acara dialog TVRI Indonesia Pagi, (7/8), Jakarta.

Total kapasitas terpasangnya pembangkit listrik nasional sampai dengan Juni 2012 adalah sebesar 40.438 MW, dimana 4.655 MW diantaranya yang terdiri dari PLTA, PLTM dan PLTMH.

Ada beberapa contoh wilayah di Indonesia yang sudah beroperasi salah satunya adalah Sulawesi Selatan pengelolaan dilakukan oleh PLN jenis pembangkitnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). PLTMH adalah pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

Arie menambahkan Kemen PU sendiri menerapkan keadilan artinya kita tidak berebut airnya dan keamanan dalam melakukan perizinan serta pemanfaatan sumber daya air untuk PLTA. Permasalahan utama dalam proses perizinan itu sendiri adalah dokumen yang tidak lengkap, desain yang belum final atau belum direkomendasikan oleh BBWS atau BWS dan tidak memiliki dokumen amdal atau UKL-UPL.

Sementara itu, Kardaya Warnika Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan Indonesia adalah pengguna energi terbesar di dunia dan energi yang digunakan akan ada lagi dalam waktu yang tidak bisa diprediksikan(anj)

 

(DatinSDA)

Last modified on Tuesday, 07 August 2012 08:35
Datin SDA

Subdit Data dan Informasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum.

Website: sda.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version