Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Sungai Komering Untuk Irigasi Featured

Rate this item
(0 votes)
Jaringan Irigasi Komering Jaringan Irigasi Komering

Sungai Komering yang berhulu di Danau Ranau terletak di dua provinsi, yaitu Sumatera Selatan dan Lampung, melalui serangkaian studi yang dilakukan menyimpulkan bahwa sungai tersebut layak dilakukan pengembangan Daerah Irigasi (DI) seluas ±120.000 ha yang meliputi Provinsi Sumatera Selatan seluas 70.000 ha di Kabupaten Oku, Kabupaten Oki dan Provinsi Lampung seluas 50.000 ha pada Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten Tulang Bawang.

“Saat ini pembangunan DI Komering sudah memasuki stage II phase II, yaitu membangun irigasi seluas ± 13.000 Ha. Saat ini pembangunan dilaksanakan di daerah Bahuga, Muncak Kabau dan daerah Lempuing yang saat ini dalam pembangunan dan akan selesai pada tahun 2013,” ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Bistok Simanjuntak dalam Kunjungan Lapangan ke Bendung Perjaya, (9/11), Oku Timur, Kecamatan Martapura, Sumatera Selatan.

Proyek dari Daerah Irigasi Komering ini bertujuan untuk mensejahterakan rakyat melalui pemanfaatan potensi air dan sumber air Komering untuuk mengairi lahan-lahan kering pada transbasin Ogan, Komering dan Tulang Bawang yang didalamnya termasuk kegiatan konservasi sumber daya air sehingga menjadi daerah beririgasi yang terjamin kelangsungan penyediaan airnya.

Bistok Simanjuntak menambahkan prasanana dan sarana pengairan yang dibangun akan memberikan manfaat dalam penyediaan layanan air irigasi. Selain DI Komering ada Bendung Lakitan yang akan mengaliri ± 9.000 ha yang siap diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum di pertengahan bulan Desember 2012.

 

(DatinSDA)

Last modified on Tuesday, 13 November 2012 11:40
Datin SDA

Subdit Data dan Informasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum.

Website: sda.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version