Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Serah Terima Jabatan Pejabat Pimpinan Eselon II dan Eselon III di lingkungan Ditjen. Sumber Daya Air Featured

Rate this item
(0 votes)

Sebagai tindak lanjut Pelantikan Pejabat Pimpinan Eselon II dan III di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2013, maka Direktorat Jenderal Sumber Daya Air juga melaksanakan Serah Terima Jabatan (sertijab) pada Kamis(17/1). Adapun beberapa pejabat yang melaksanakan sertijab antara lain untuk Sekretaris Harian Dewan Sumber Daya Air Nasional, dari Dr.Ir. Arie Setiadi Moerwanto, M.Sc kepada Ir. Hari Suprayogi, M.Eng. Sementara itu, untuk dua kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), yakni Kepala BBWS Bengawan Solo dari Ir. Hari Suprayogi, M.Eng kepada Ir. Yudi Pratondo, MM dan Kepala BBWS Mesuji-Sekampung dari Ir.Yudi Pratondo, MM kepada Ir. Trisasongko Widianto, Dipl.HE.

Sementara itu, pada jajaran pejabat eselon III antara lain Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, yang semula dijabat Ir. Birendrajana, MT, saat ini dijabat oleh Ir.TB Rachmad Affandi, Dipl.HE. Lainnya adalah, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Teknis, Direktorat Irigasi dan Rawa, dari Ir. Widiarto , Sp.1 kepada Ir. Bobby Prabowo, CES. , Kepala Bagian Kepegawaian dan Ortala Sekretariat Ditjen. Sumber Daya Air, dari Drs. Supraptono, M.Si kepada Ir. Edi Juharsyah, M.Tech. , Kepala Bagian Keuangan dan Umum, yang semula dijabat oleh Nilawati Lubis, SH, MH, saat ini diserahterimakan kepada Drs. I Made Widiantara, M.Si.. Pada BBWS Pompengan-Jeneberang, Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air, saat ini dijabat oleh Ir. Yusuf M.Tambing, Sp.1, PSDA. Sebelumnya posisi ini dijabat oleh Arifin, ATP, Sp.

Pada sambutannya, Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Moh.Hasan, mengingatkan beberapa hal penting yang harus dilaksanakan oleh para pejabat di lingkungan Ditjen SDA. Ditegaskannya, bahwa para pejabat terutama para Kepala Balai Besar dan Kepala Balai, diberikan waktu satu minggu untuk berdaptasi dan menguasai pekerjaan barunya. Menguasai medan pekerjaan dalam satu minggu , berarti setiap Kepala Balai dan Kepala Balai Besar diharapkan sudah berkenalan dengan para Gubernur atau Bupati di lingkungan wilayah kerjanya, hingga juga memiliki nomor telpon genggam para kepala daerah setempat. Dan hal kedua adalah telah menghafal nama-nama anak buah hingga dua tingkat di bawahnya. Hal ini perlu untuk dilakukan dalam rangka apresiasi kerja di dalam internal jajaran yang dipmpin para Kepala Balai dan Kepala Balai Besar Wilayh Sungai tersebut.

Hal prioritas lainnya yang diingatkan Dirjen SDA , yakni agar para pejabat, terutama para Kepala BBWS dan BWS, mengetahui secara persis kondisi di lapangan, terutama bangunan-bangunan strategis seperti waduk. “Masalah-masalah yang bersifat pengoperasian seperti pintu air atau shortcut, Balai harus lebih menguasai daripada Pusat”, tegas Moh. Hasan. Untuk sekitar 3 minggu selanjutnya, Dirjen SDA mengarahkan agara pejabat-pejabat di lapangan harus mengetahui dan menghafal di luar kepala, seperti data teknis waduk, luas irigasi, di mana hal tersebut dapat memberikan impresi positif bagi para pimpinan yang berada di Pusat.

Khusus bagi para pejabat yang mengelola Operasi dan Pemeliharaan, sangat diingatkan oleh Moh. Hasan mengenai komitmen untuk menjaga keberlangsungan main structure, “kita harus melihat negara-negara seperti Jepang atau Korea, yang sangat menjaga kebersihan dan keindahan waduk-waduknya”, ujarnya.   Dikeluhkan Dirjen SDA, bahwa sebelum musim hujan, tiap Balai telah diminta untuk menginventarisasi dan menyampaikan upaya-upaya penanggulangan bencana yang ada di daerah koordinasinya. Namun, hingga saat ini Dirjen SDA baru menerima data kurang dari 30%. Dirjen SDA juga meminta kepada Direktur Bina Operasi dan pemeliharaan untuk menstandarkan sistem siaga bencana, yang berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat. (datin sda)

Last modified on Thursday, 17 January 2013 08:58
Datin SDA

Subdit Data dan Informasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum.

Website: sda.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version