Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Pertemuan Regional Operasi dan Pemeliharaan Prasarana Sumber Daya Air Wilayah II Tahun 2013 Featured

Rate this item
(0 votes)
Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah dan Para Pejabat Undangan Dalam Acara Pembukaan Konreg Wilayah II di Banten Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah dan Para Pejabat Undangan Dalam Acara Pembukaan Konreg Wilayah II di Banten

Indonesia mempunyai potensi air peringkat kelima terbaik di dunia, namun baru 156 miliar meter kubik yang baru dimanfaatkan, diantaranya untuk irigasi 81%, dan 19% untuk domestik, perkotaan dan industri. Hampir di seluruh wilayah Indonesia mengalami permasalahan yang berkaitan dengan air, baik saat musim hujan maupun di musim kemarau.

"Air merupakan sumber kehidupan manusia, tanpa air kita tidak bisa hidup" jelas Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dalam sambutannya di acara pembukaan Pertemuan Regional Operasi dan Pemeliharaan Prasarana Sumber Daya Air Wilayah II tahun 2013, di Banten (2/5).

 

Atut juga menyampaikan bahwa potensi masalah air yang ada bisa menjadi potensi yang bermanfaat, Untuk itu, diharapkan adanya sinergi antara pusat, provinsi, kabupaten/kota dan agar dapat diimplementasikan dengan baik.

 

Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) yang diwakili oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan (OP), Hartanto, menyampaikan hal yang senada, bahwa diperlukan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah, khususnya dalam hal irigasi. Selain itu, Hartanto juga menambahkan kewenangan Pemerintah pusat hanya 32% dan selebihnya merupakan kewenangan propinsi dan kabupaten.

 

Dalam pengelolaan sumber daya air terdapat beberapa isu strategis diantaranya, terbatasnya Sumber Daya Manusia, Operasi dan Pemeliharaan, belum optimalnya kinerja lembaga pengelola SDA serta belum terpenuhinya alokasi dana OP berdasarkan Angka Kebutuhan Nyata Operasi dan Pemeliharaan (AKNOP).

 

Pertemuan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi atas upaya-upaya penyelesaian yang telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah atas beberapa permasalahan yang muncul.

 

Diharapkan, hasil dari pertemuan ini dapat memahami dan menyepakati masukan-masukan tentang OP sungai sebagai bahan untuk penyusunan draft pedoman OP sungai, tersusunnya program OP jaringan irigasi Tahun Anggaran 2013, adanya kesepakatan komitmen dan konsisten Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan pengelolaan irigasi sesuai dengan UU No.7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air dan menyepakati masukan-masukan tentang penyusunan draft Peraturan Pemerintah sebagai turunan UU Sumber Daya Air (SDA).

 

Turut hadir dalam acara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (C3) Abdul Hanan Akhmad, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman Provinsi Banten Iing Suwargi, serta perwakilan dari 14 propinsi lainnya.

 

(DatinSDA)

Last modified on Thursday, 02 May 2013 09:44
Datin SDA

Subdit Data dan Informasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum.

Website: sda.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version