Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Kerjasama Pengelolaan dan Pengembangan Jaringan Irigasi Kabupaten Enrekang Featured

Rate this item
(0 votes)
Dirjen SDA Moh. Hasan melakukan Penandatanganan Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi Pada DI Tallung Ura' Dirjen SDA Moh. Hasan melakukan Penandatanganan Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi Pada DI Tallung Ura'

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang mengadakan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Enrekang tentang Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi pada Daerah Irigasi Tallung Ura’ Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, di Jakarta (100513). Turut dihadiri oleh para eselon II dan III di lingkungan Direktorat Jenderal SDA, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai, Agus Setiawan dan Bupati Kabupaten Enrekang, La Tinro La Unrung.


Daerah Irigasi Enrekang mempunyai luas 1100 ha namun potensinya hanya 700 ha sehingga dengan adanya pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi di daerah ini dapat meningkatkan produksi beras secara nasional. Kegiatan ini merupakan kerjasama multi years selama 3 tahun.


Direktur Jenderal SDA, Moh. Hasan mengatakan bahwa Sulsel merupakan tulang punggung beras nasional di bagian timur Indonesia karena luasnya lebih dari 2000 ha, maka dengan adanya kerjasama ini Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Enrekang akan lebih meningkat lagi hasil pertaniannya.


“Untuk itu ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama membangun jaringan irigasi dengan nilai investasi yang tidak sedikit harus dimanfaatkan secara optimal dan jangan ada alih fungsi lahan. Kedua, kelembagaan dan kegiatan operasi dan pemeliharaan irigasi dapat diperkuat dan ditingkatkan. Karena berapapun luasnya daerah irigasi pelaksana utamanya adalah kabupaten. Dan sumber daya manusia yang ada seperti juru pintu harus diberikan pelatihan,” kata Direktur Jenderal SDA, Moh. Hasan.


Direktur Jenderal SDA mengharapkan agar kearifan lokal yang ada di berbagai daerah terutama dalam hal pengembangan daerah irigasi harus dipeliara dan ditingkatkan karena merupakan warisan leluhur dan masyarakat terlibat langsung di dalamnya seperti Subak di Bali dan Tudang Sipulung di Sulawesi Selatan. Dan harus diperhatikan oleh pemerintah daerah dan pemerintah kabupaten sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.


“Dengan adanya pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi di daerah irigasi Tallung Ura’ di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dapat meningkatkan income per kapita Kab. Enrekang, mengingat sebelum tahun 2008 Kab. Enrekang merupakan salah satu kabupaten dari 199 kabupaten di Sulsel yang tertinggal. Namun pada tahun 2008 Kab. Enrekang sudah menjadi salah satu kabupaten dari 3 kabupaten di Indonesia yang terbaik. Hasil pertanian dari Enrekang sudah banyak dikirim ke Sulawesi Barat, Mamuju, Balikpapan, Bontang dan Samarinda,” jelas Bupati Enrekang.

 

(tin/anj,datin SDA)

Datin SDA

Subdit Data dan Informasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum.

Website: sda.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version