Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Sosialisasi Program Loan WISMP-2

Rate this item
(0 votes)
Sosialisasi Program Loan WISMP-2 Sosialisasi Program Loan WISMP-2

Program Pengelolaan Sumber Daya Air dan Irigasi Tahap 2 atau Water Resources and Irrigation Sector Management Program Phase 2 (WISMP-2) merupakan kelanjutan dari program WISMP-1, yang dirancang secara utuh dan terintegrasi untuk menjangkau sasaran secara komprehensif, sehingga aspek-aspek lain yang terkait dalam pengelolaan irigasi turut dimasukan dalam lingkup program WISMP-2.

Hal tersebut disampaikan dalam pembukaan acara Sosialisasi Program Loan WISMP-2 (20/3) di Batam, Kepulauan Riau oleh Kepala Sub Direktorat Kelembagaan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Juari Sutrisno, mewakili Direktur Pengairan dan Irigasi Bappenas serta Direktur Bina Program Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) selaku Sekretariat NSCWR (National Steering Committee for Water Resources) dalam program WISMP-2.

 

“Secara substansi, tidak terdapat perbedaan antara WISMP-1 dengan Program WISMP 2. Yang membedakan adalah dalam hal mekanisme penganggaran”, jelas Juari. Berbeda dengan program WISMP-1, dimana mekanisme penyaluran dana Pemerintah kepada Pemerintah Daerah dilakukan dengan menggunakan mata anggaran masing masing Kementerian, maka pada program WISMP-2 dilaksanakan melalui Penerusan Pinjaman Pemerintah sebagai hibah kepada Pemerintah Daerah seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No 169/PMK.07/2008.

 

Di waktu yang sama, dalam paparan Direktur Bina Program Ditjen SDA yang dipaparkan oleh Kepala Seksi Multilateral Sub Direktorat Kerja Sama Luar Negeri, Ari Setyorini, dijelaskan bahwa Loan Agreement Program WISMP 2 telah ditandatangani 6 Oktober 2011 dan dinyatakan efektif pada 14 November 2011. Tujuan program ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan sumber daya air wilayah sungai dan irigasi serta produktivitas pertanian di lahan beririgasi. Adapun komponen kegiatan WISMP-2 antara lain meliputi Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai, Peningkatan Pengelolaan Irigasi Partisipatif, Rehabilitasi Sistem Irigasi Jatiluhur dan Peningkatan Pengelolaannya, juga Pengelolaan Proyek serta Technical Assistance.

 

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Ditjen SDA, perwakilan Direktur Fasilitasi Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup, Direktorat Jenderal pembangunan Daerah, perwakilan Kementerian Keuangan, perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta perwakilan Bank Dunia (World Bank). Sosialisasi ini diikuti oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, serta Dinas pengelolaan SDA Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Timur.

 

(DatinSDA)

Datin SDA

Subdit Data dan Informasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum.

Website: sda.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version