Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Switch to desktop Register Login

Operasi dan Pemeliharaan Harus Menjadi Prioritas

Rate this item
(1 Vote)
Operasi dan Pemeliharaan Harus Menjadi Prioritas Operasi dan Pemeliharaan Harus Menjadi Prioritas

Kegiatan operasi dan pemeliharaan (OP) khususnya bidang sumber daya air (SDA) dilakukan untuk mengembalikan fungsi layanan infrastruktur, agar infrastruktur yang telah terbangun tetap berfungsi sesuai dengan umur rencana layanan. Cakupan kegiatan OP SDA mencakup seluruh infrastruktur bidang SDA, seperti prasarana irigasi, bendungan, situ, embung, pengendali sedimen, pengendali banjir, hingga bangunan pengamanan pantai.

Untuk itulah, dibutuhkan ketersediaan dan pemutakhiran data-data infrastruktur, sebagai dasar pengelolaan OP ke depan. Hal tersebut dijelaskan oleh Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Hartanto dalam wawancara hari ini (26/1) di Batam.

”Untuk memenuhi data-data tersebut, maka diwajibkan kepada balai wilayah sungai untuk melakukan audit teknis terhadap infrastruktur sumber daya air di wilayahnya, termasuk melakukan walkthrough, dan melakukan kajian lebih lanjut untuk menentukan angka kebutuhan nyata operasi dan pemeliharaan (AKNOP). Dan, dari AKNOP itulah kemudian akan dijadikan acuan dalam penganggaran operasi dan pemeliharaan,” lanjut Hartanto.

OP merupakan kegiatan yang berkelanjutan, mengoptimalkan aset infrastruktur yang ada, sehingga kegiatannya lebih kepada menjaga dan memelihara agar infrastruktur yang telah terbangun dapat berfungsi sesuai umur rencana. Kendala yang dihadapi saat ini dalam OP adalah keterbatasan anggaran yang ada. Pada tahun 2011, anggaran untuk operasi dan pemeliharaan sebesar Rp 1,3 triliun rupiah, sehingga jika dilihat dari total anggaran Ditjen SDA masih dirasa belum mencukupi.

”Dengan cakupan kegiatan operasi dan pemeliharaan yang luas, dan dengan anggaran yang ada, dirasakan masih belum mencukupi, namun kita tetap bekerja keras agar operasi dan pemeliharaan tetap terjaga,” tegas Hartanto.

Rencana ke depan, melalui sinkronisasi program dan kegiatan OP, maka akan tersusun secara sistematis mengenai data prasarana SDA yang perlu dilakukan OP-nya, sehingga infrastruktur SDA tetap terjaga fungsinya. (ardi/datin sda/ifn)

PU-Net

Editor berita Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum.

Website: www.pu.go.id

Leave a comment

Pastikan Anda memasukkan informasi (*) diperlukan pada tempat yang ditentukan. Kode HTML dasar diperbolehkan.

Copyright by Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA. ©2012 All rights reserved.

Top Desktop version