© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Hari Air Dunia XXVIII Tahun 2020

Hari Air Dunia XXVIII Tahun 2020


Hari Air Dunia XXVIII 2020

Water And Climate Change - Ketahanan Air Dan Tantangan Perubahan Iklim

Hari Air Dunia (World Water Day - WWD) ditetapkan oleh United Nations (PBB) diperingati tanggal 22 Maret setiap tahunnya. Tujuan peringatan hari air adalah untuk menyadarkan dan meningkatkan perhatian atas pentingnya air bagi sumber kehidupan.

Tahun ini Tema Hari Air Sedunia yang diusung oleh UN WATER adalah Water And Climate Change. Tema ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pertumbuhan penduduk global semakin meningkat sehingga kebutuhan air juga meningkat dan adanya perubahan iklim. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pernah mengatakan bahwa perubahan iklim juga menjadi tantangan dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia. Pergeseran dan perubahan masa musim hujan dan kemarau, perubahan temperatur, cuaca, serta pola hujan cenderung durasinya lebih pendek namun dengan intensitas yang tinggi sehingga kerap mengakibatkan banjir. Oleh karena itu, tahun 2020 tema Hari Air Dunia yang diusung Direktorat Jenderal Sumber daya Air, Kementerian PUPR adalah Ketahanan Air dan Tantangan Perubahan Iklim.

Peringatan Hari Air Dunia ke-28 tahun 2020 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mengadakan serangkaian kegiatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perlombaan
  • • SDA Goes To School

SDA Goes to School merupakan upaya untuk mengajak generasi muda berkontribusi menjaga keberlangsungan sumber daya air. Di masing-masing sekolah tempat digelarnya acara, dipilih finalis Duta Hari Air. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Kegiatan pemilihan Duta Hari Air ini telah berlangsung sejak 11 Februari 2020 dan pada tanggal 4 Maret 2020 telah terpilih 12 finalis yang akan memasuki tahapan akhir pemilihan duta hari air. Seluruh finalis berasal dari SMA di Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Acara final akan bertempat di ruang serbaguna Lantai 8 Gedung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air..

  • • Menggambar dan Mewarnai

Kegiatan ini akan diikuti oleh siswa-siswi sekolah dasar yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2020 bertempat di ruang serbaguna Lantai 8 Gedung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

  • • Karya Ilmiah

Perlombaan karya ilmiah dalam bidang sumber daya air memiliki 4 sub tema, yaitu mitigasi dan adaptasi ketahanan air menghadapi perubahan iklim, inovasi teknologi sumber daya air untuk menghadapi perubahan iklim, inovasi teknologi informasi bidang sumber daya air untuk menghadapi perubahan iklim, dan partisipasi masyarakat untuk menghadapi perubahan iklim. Kegiatan ini akan diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2020 bertempat di ruang serbaguna Lantai 8 Gedung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

2. Aksi Daerah

Peringatan Hari Air Dunia tidak hanya dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, namun juga dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis di daerah (BWS/BBWS). Adapun serangkaian kegiatan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

  • • Bersih-bersih sungai, situ, danau, embung, dan waduk;
  • • Survey lokasi untuk penerapan teknologi tepat guna;
  • • Edukasi kepada Siswa – Siswi Taman Kanak-Kanak sampai dengan Perguruan Tinggi dengan tema “Ketahanan Air dan Tantangan Perubahan Iklim”; dan
  • • Pameran dan Donor Darah.

3. Kejuaraan Gateball

Selain aksi sosial dan forum ilmiah, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air juga menyelenggarakan turnamen gateball piala Hari Air Dunia ke-28 yang mempertemukan antar Unit Organisasi Kementerian PUPR. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 – 13 Maret 2020 bertempat di Lapangan Gateball Kementerian PUPR.

4. Donor Darah

Mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan serta kesehatan pendonor akan selalu terpantau. Oleh karena itu, dilaksanakan kegiatan donor darah pada tanggal 17 – 18 Maret 2020 di ruang serbaguna Lantai 8 Gedung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PENGUMUMAN

Sehubungan dengan program kerja panitia HAD XXVIII tahun 2020 bidang kampanye publik serta memperhatikan Surat Edaran Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI jakarta No. 27 tahun 2020 tanggal 3 Maret 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19), dengan hormat disampaikan antara lain:

  • 1.  Sebagai wujud keprihatinan maka dilakukan Pembatalan kegiatan donor darah yang dijadwalkan pada tanggal 17-18 Maret 2020 di ruang serbaguna Lantai 8 Gedung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.
  • 2. Menyampaikan permintaan Maaf atas pembatalan acara tersebut.

Demikian disampaikan atas perhatiannya kami ucapkan Terima Kasih.



Bagikan :

Cetak