Pengumuman ( 5):

6 Komunitas Peduli Sungai Mendapatkan Penghargaan PUPR Tahun 2018


Print Friendly and PDF
Foto : Menteri PUPR dan Dirjen SDA bersama Para Pemenang KPS Penghargaan PUPR 2018

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan sejumlah kategori penghargaan PUPR kepada  17 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang dinilai berprestasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan infrastruktur bidang PUPR pada 7 Desember kemarin di Jakarta. Selain itu juga diberikan kepada mitra kerja seperti Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Provinsi, PDAM serta termasuk kepada 6 Komunitas Peduli Sungai di seluruh Indonesia.

Dalam acara yang merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Bakti PUPR ke-73, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan mitra kerja yang telah bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain penghargaan kepada Pemerintah Daerah, juga diberikan penghargaan kepada 6 Komunitas Peduli Sungai (KPS) untuk mengajukan program unggulan dalam menjaga kualitas sungai di daerahnya.

Penghargaan PUPR tahun 2018 mengangkat tema “Inovasi Penyelenggaraan Pembangunan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan”, dengan tujuan agar Pemerintah Daerah dapat terus melaksanakan inovasi dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR di wilayahnya masing-masing.

Sebelumnya, penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh PUPR bernama Penghargaan Kinerja Pemerintah Daerah (PKPD) Pekerjaan Umum, namun sejak tahun 2015, penghargaan ini diberikan setiap dua tahun sekali yang perdananya dilaksanakan di tahun 2016 seiring dengan dinamika perubahan kelembagaan  kementerian, yaitu penyatuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat menjadi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Berikut adalah daftar 6 Komunitas Peduli Sungai yang memenangkan Penghargaan PUPR 2018 :

  1. KPS Mat Peci (Masyarakat Peduli Ciliwung) – Provinsi DKI Jakarta
  2. KPS Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS SKM) – Provinsi Kalimantan Timur
  3. KPS Tukad Bindu – Provinsi Bali
  4. KPS KMPS Ibra – Provinsi Nusa Tenggara Barat
  5. KPS Ecoton - Provinsi Jawa Timur
  6. KPS Komunitas Sungai Putat Pontianak - Provinsi Kalimantan Barat

(kompuSDA/dnd)

 

 

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami