Pengumuman ( 5):

Amanatkan Hari Air Dunia ke 26 BWS Sumatera IV Bina Komunitas


Print Friendly and PDF
Foto : Hari Air Dunia ke 26 BWS Sumatera IV

Sungai merupakan salah  satu sumber air yang sangat penting dan perlu dilestarikan. Sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR No. 04 tahun 2015 tentang Kriteria dan Penetapan Wilayah Sungai, terdapat 128 Wilayah Sungai di Indonesia dengan sungai-sungai yang menjadi kewenangan Pemerintah.

Pada hari kamis (15/03/2018) Balai Wilayah Sungai Sumatera IV menyelenggarakan langkah pembinaan dengan memberikan edukasi dalam rangka membekali komunitas peduli sungai “KPS” di kecamatan Sagulung Kelurahan Sungai Langkai kota Batam,langkah pembekalan ini berupa sosialisasi dari 4 Narasumber yang didatangkan dari Kementerian PUPR, meliputi Direktorat Bina Penata gunaan SDA, Subdit Kelembagaan, Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan, Subdit OP Sungai Pantai, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kepala Satuan kerja PSPLP dan Ketua Komunitas Peduli Sungai Lama untuk memberikan pemahaman dan informasi tentang Sungai.

Ismail Widadi dalam Sambutanya menyampaikan “Balai Wilayah Sungai Sumatera IV sampai saat ini telah sukses membina pembentukan dua Komunitas Peduli Sungai di Kota Batam, antara lain Komunitas Peduli Sungai Tiban Lama yang telah dibentuk pada tahun 2017, dan saat ini Komunitas Peduli Sungai Langkai, Sagulung”.

Harapan Kepala BWS Sumatera IV dengan dibentuknya komunitas peduli sungai ini”agar masyarakat dapat mandiri, peduli akan lingkungan dan aktif dalam kegiatan memelihara sungai serta menjaga sungai terutama untuk kelestarian dan pemanfaatan sungai secara sehat dan bertanggung jawab”.

Sementara itu warga masyarakat kelurahan sungai langkai merasa sangat terbantu dengan adanya pembinaan dan pembentukan Komunitas Peduli Sungai Langkai karena dinilai sangat bermanfaat melihat dari seringnya sungai ini tercemar dengan sampah-sampah. Adapun harapan dengan dibentuknya KPS ini maka sungai-sungai yang ada di Batam terawasi dengan baik dari penanganan sampah dan pengelolaannya.

Sejalan dengan kegiatan tersebut (18/03/2018) masih dalam rangkaian peringatan Hari Air Dunia ke-26 tahun 2018, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) melalui Balai Wilayah Sungai SumateraIV Melaksanakan gerakan bersih-bersih sungai Langkai yang dilaksanakan di Kecamatan Sagulung, Kelurahan Sungai Langkai.

“Kegiatan ini berupa aksi bersih sungai bersama komunitas peduli sungai, masyarakat sekitar dan tim dari BWS Sumatera IV yang dilaksanakan disamping lapangan Bola Sungai Langkai RW 02 Kecamatan Sagulung Kota Batam. Pada kesempatan ini turut dilaksanakan aksi tanam pohon Bibit Matoa sebanyak 50 pohon untuk menjaga ekosistem di sekitar bantaran Sungai Langkai.

Sesuai dengan tema Hari Air Dunia tahun ini yaitu “Nature For Water”, lanjut Kepala BWS Sumatera IV Ismail Widadi menerangkan bahwa sungai merupakan sumber kehidupan yang dalam perkembangannya menjadi salah satu badan air yang terkena pencemaran dari berbagai kegiatan rumah tangga, industry dan pertanian.

“Untuk itu, aksi bersih sungai ini dilakukan sebagai langkah-langkah peningkatan kesadaran kepada masyarakat bahwa sungai harus dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk air bersih sesuai dengan peraturan yang berlaku.”

Kepala BWS Sumatera IV Ismail Widadi mengharapkan agar tetap terjalin koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak tersebut untuk mengawasi,  melindungi serta menjaga kualitas air sungai dengan meningkatkan sinergitas bagi seluruh pihak terutama dengan hadirnya komunitas-komunitas peduli sungai.

Dalam acara yang berlangsung di bantaran Sungai Langkai, Kepala BWS Sumatera IV berharap komunitas dapat menjadi motor penggerak di wilayahnya dalam hal menjaga kualitas air sungai dan meningkatkan kepedulian masyarakat akan kondisi sungai di sekitar tempat tinggalnya. (humas)

sumber : BWS Sumatera 4

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami