© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

BWS Maluku Utara Kibarkan Semangat Kerja Nyata di Bawah Laut

BWS Maluku Utara Kibarkan Semangat Kerja Nyata di Bawah Laut


Kategori : Berita SDA

  00 0000



Foto :


Berlokasi di perairan Tidore-Maitara dengan kedalaman rata-rata 40 meter di bawah permukaan laut, Balai Wilayah Sungai Maluku Utara (BWS Malut) mengibarkan spanduk ucapan Hari Bakti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ke-71.  

Dipandu oleh 3 orang penyelam, ucapan selamat hari bakti PUPR ke-71 ini sebagai simbol gelora semangat kerja nyata BWS Maluku Utara dalam membangun infrastruktur di Indonesia khususnya di Maluku Utara.

“Pengibaran semangat kerja nyata tersebut dilakukan dalam rangkaian acara peringatan Hari Bakti PU ke-71 yang telah berlangsung sejak tanggal 30 November 2016 dengan menggelorakan kembali revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) yang telah disepakati oleh delapan kementerian.” Ujar Noho Ali selaku Kepala Tata Usaha BWS Malut.

Pada perairan Tidore dan Maitara terdapat salah satu pekerjaan infrastruktur SDA. “Lokasi bawah laut bertempat di pipa transmisi Air Baku Rum dan Pulau Maitara, merupakan salah satu Proyek Perintis Air Baku Lintas Pulau di Maluku Utara,” ujar Kepala Satker Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air, Rizhali Triutomi Sahan.

Pekerjaan Unit Air Baku tersebut mulai dilakukan pada tahun 2014, dan dilanjutkan pada tahun 2015 sebagai solusi kesulitan air bersih di beberapa desa di Pulau Tidore dan Maitara. Air bersih yang kini dinikmati oleh masyarakat Pulau Maitara bersumber dari air permukaan dan 2 sumur bor yang memanfaatkan air tanah di Pulau Tidore.

Dalam kesempatan yang sama, Erlangga Perwira, selaku Pejabat Pembuat Komitmen Air Tanah dan Air Baku mengatakan bahwa “setiap warga negara berhak memperoleh air bersih untuk kebutuhan dasar sehari-hari, oleh karena itu BWS Malut berkomitmen untuk memenuhi amanat tersebut di wilayah yang menjadi kewenangannya”.

“Selesainya proyek ini merupakan salah satu wujud kerja nyata BWS Malut untuk memberikan penyediaan air bersih guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, pungkasnya. (humasBWSmalut/argkompuSDA)


Bagikan :

Cetak