© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

BWS Sumatera V Prioritaskan Penanganan Segmen Tengah Batang Kuranji

BWS Sumatera V Prioritaskan Penanganan Segmen Tengah Batang Kuranji


Kategori : Berita SDA

  11 September 2015



Foto : 11092015


Sungai Batang Kuranji merupakan salah satu sumber air baku yang juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi yang di Kota Padang. Selain itu sungai ini juga dijadikan sebagai lokasi penambangan bahan galian golongan C yang berasal dari endapan material sungai terutama pada segmen tengah Sungai Batang Kuranji.

Meningkatnya intensitas penambangan galian C pada segmen tengah Batang Kuranji secara tidak terkendali menyebabkan permasalahan utama berupa degradasi atau penurunan dasar sungai sehingga membawa dampak pada rusaknya infrastruktur sungai dan tebing sungai. Atas hal ini, penanganan segmen tengah menjadi prioritas utama kegiatan restorasi Sungai Batang Kuranji.

Melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana pengendalian banjir dan sedimen segmen tengah Batang Kuranji Kota Padang yang bermanfaat untuk mengendalikan banjir bandang, erosi, dan sedimentasi pada Sungai Batang Kuranji. Selain itu pembangunan sarana dan prasarana pengendalian infrastruktur Batang Kuranji ini berguna untuk mengamankan infrastruktur sumber daya air dan aset lain di sepanjang aliran Batang Kuranji dan memberikan rasa aman dari ancaman bahaya banjir bandang terutama pada masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran Batang Kuranji.


Bagikan :

Cetak