Pengumuman ( 5):

Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Peringati Hari Air Dunia Ke 26 Tahun 2018


Print Friendly and PDF
Foto :

Sejalan dengan tema global “Nature for Water” yang diadopsi menjadi tema nasional “Lestarikan Alam untuk Air”, HAD 2018 juga menjadi momentum untuk mengeksplorasi beragam solusi berbasis alam dalam menyelesaikan persoalan terkait air. Hal ini mengingat berbagai tantangan yang dihadapi secara global umumnya merupakan dampak perilaku manusia yang kerap mengabaikan alam untuk kepentingannya sendiri.

Kita perlu mengingat kembali bahwa keberlanjutan sumber daya air bergantung pada ekosistem alami. Alamlah yang menyaring polutan, menangkal banjir dan badai, dan mengelola ketersediaan air. Menjaga air dari sisi kualitas dan kuantitas menjadi kunci untuk keberlangsungan kehidupan. Karenanya, kembali ke solusi-solusi berbasis alam adalah cara yang paling berkelanjutan untuk mempertahankan sumber daya air.

Rangkaian peringatan HAD 2018 di daerah dari bulan Maret hingga April mendatang digelar oleh seluruh Balai Wilayah Sungai (BWS) dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Bentuk kegiatannya pun beragam, antara lain susur sungai, penanaman pohon, donor darah, bersih sungai, lomba daur ulang, hingga seminar.

Dimana puncak peringatan HAD akan digelar tanggal 7 April 2018 di Danau Rawa Pening, Semarang. Peserta akan melakukan aksi bersih danau, penyulaman penanaman pohon, serta menabur benih ikan.

Pada hari kamis,22 Maret 2018 Peringatan HAD 2018 Digelar di Lingkungan Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Untuk menggelorakan kesadaran seluruh lapisan masyarakat akan pentingnya menjaga sumber daya air, untuk itu Balai Wilayah Sungai Sumatera IV melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan peringatan HAD 2018 di Kota Batam yaitu Pembinaan Kemunitas Peduli Sungai langkai,peresmian alat Pemanen Air Hujan (PAH) yang pertama di Kota Batam,bersih-bersih  Sungai Langkai, bersih-bersih Sungai Harapan, serta penanaman Bibit  Matoa yang dilaksanakan dibantaran sungai langkai dan Sungai Harapan serta penanaman bibit Mangrove yang di laksanakan dipesisir kampung terih, Nongsa. Dimana pada rangkaian acara tersebut dilangsungkan dengan pembacaan dan penandatanganan komitmen bersama oleh Kepala BWS Sumatera IV bersama Walikota Batam, komunitas peduli sungai yang sudah terbentuk dan tamu undangan.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Ismail Widadi dalam sambutanya menyampaikan”Kegiatan ini di Gelar tiap tahun untuk membawa pesan agar kita lebih memperhatikan kondisi air kita, khususnya di Kota Batam”.

“Kita lestarikan dengan menanam pohon dan mengajak karyawan, masyarakat dan Komunitas Peduli Sungai untuk sama-sama melestarikan alam”.

Ismail Widadi dalam menyampaikan harapanya, “pada momen memperingati hari air dunia yang ke 26 ini, masyarakat harus tetap bersemangat untuk menjaga kelesatarian sungai dan pantai di Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau”. (humas)

sumber : BWS Sumatera 4

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami