© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Bendungan Jatigede Miliki Banyak Manfaat

Bendungan Jatigede Miliki Banyak Manfaat


Kategori : Berita SDA

  18 September 2015



Foto : 18092015


“Jumlah bendungan di Indonesia sebanyak 230 buah, dan dari jumlah tersebut sekitar 203 buah dibangun oleh Kementerian PUPR, salah satunya adalah Bendungan Jatigede. Kontrak pembangunan Bendungan Jatigede ditandatangani tahun 2007 dan beberapa waktu yang lalu telah dilakukan impounding tanggal 31 agustus 2015. Ini salah satu waduk besar yang dibangun di pulau Jawa. Bendungan ini mempunyai banyak manfaat yaitu untuk irigasi seluas 90 ribu ha, PLTA dengan kapasitas terpasang 2 x 55 MW = 110 MW, produksi rata-rata 690 GWH/tahun, pengendalian banjir 14 ribu ha kawasan yang biasa terkena banjir, penyediaan air baku untuk air bersih 3500 lt/det untuk kebutuhan rumah tangga 350 ribu orang dengan target layanan Kabupaten Cirebon, Indramayu dan kawasan Balongan serta pariwisata,” jelas Mudjiadi, Direktur Jenderal SDA, kepada wartawan Metro TV di Gedung SDA dan Penataan Ruang, Jakarta (180915).

Untuk impounding waduk Jatigede yang beberapa waktu lalu telah dilakukan, akan dilakukan secara bertahap untuk memberikan tim monitoring dan tim evaluasi melakukan pengamatan perilaku bendungan melalui instrumentasi yang telah terpasang. Dan setelah kondisi keamanan bendungan terkonfirmasi selanjutnya dilakukan pemantauan muka air waduk menuju elevasi +260 (flood supply level).

“Saya berharap dengan beroperasinya bendungan ini, akan dapat meningkatkan intensitas tanam khususnya padi dan meningkatkan ketahanan pangan secara nasional,” lanjut Direktur Jenderal SDA.


Bagikan :

Cetak