© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Bendungan Tilong Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Air Baku

Bendungan Tilong Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Air Baku


Kategori : Berita SDA

  07 Oktober 2015



Foto : 07102015


Pembangunan Bendungan Tilong dilaksanakan tahun 1998 dan selesai pada tahun 2001 dan berlokasi di Desa Oel Nasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Luas areal irigasi yang dialiri oleh Bendungan Tilong seluas 1.484 ha yang terdiri dari areal eksisting sebesar 540 ha dan areal pengembangan sebesar 9393 ha, dan untuk melayani kebutuhan air baku untuk air bersih Kota Kupang dan sekitarnya sebesar 150 liter per detik dan penduduk sekitar bendungan 2,50 liter/detik.

Tipe Bendungan Tilong adalah urugan batu dengan inti tanah ditengah dengan elevasi minimum + 105,20 m, elevasi mercu minimum + 106,00 m, dan volume timbunan 422.000 m3. Pelaksana pembangunan Bendungan Tilong oleh PT. Waskita Karya dan pembangunan jaringan irigasi oleh PT. Hutama Karya.

Bendungan Tilong merupakan infrastruktur sumber daya air yang dibangun oleh Direktorat Jenderal SDA melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II dan salah satu upaya untuk menampung air hujan ketika curah hujan di NTT tinggi dan aliran permukaan Sungai Tilong sebagai sumber air utama untuk suplesi dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya. Untuk pembangunan jaringan air baku Tilong dan jaringan irigasi Tilong pelakanaan pembangunannya dimulai pada tahun 1999 dan selesai ditahun 2001.

Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II selain membangun bendungan Tilong, juga sedang melaksanakan pembangunan Bendungan Raknamo. Dengan adanya bendungan-bendungan di provinsi NTT, diharapkan dapat membantu masyarakat NTT dalam memenuhi kebutuhan sumber daya air sehari-hari.



Bagikan :

Cetak