Pengumuman ( 5):

Bersihkan Sungai dari Limbah, BWS Kalimantan II Gelar Lomba Angkat Lumpur dan Sampah


Print Friendly and PDF
Foto : Para peserta pada Lomba Angkat Lumpur dan Sampah di Banjarmasin

 

Hari Air Dunia (HAD) atau World Water Day yang diperingati pada tanggal 22 Maret adalah perayaan tahunan yang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat dunia akan pentingnya air bagi kehidupan dan pengelolaan air yang berkelanjutan. Pada tahun 2017, HAD mengambil tema “Air dan Air Limbah”. Peringatan ini menjadi momentum bagi seluruh masyarakat dunia untuk bekerja sama menjaga kualitas dan kuantitas air demi keberlangsungan hidup di masa depan. Di Indonesia sebagai negara maritim, persoalan ketersediaan air bersih dan degradasi kualitas air akibat pencemaran limbah masih menjadi tantangan untuk diatasi. Terlebih dengan pertumbuhan prosentase penduduk yang semakin tinggi terutama di kawasan perkotaan yang kini menjadi tempat tinggal 53% penduduk, berdampak langsung meningkatnya kebutuhan air bersih dan lingkungan permukiman yang lebih sehat.

 

Untuk lebih menggemakan peringatan Hari Air Dunia di daerah-daerah, Kementerian PUPR melalui Balai di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan Satuan Kerja di daerah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain susur dan bersih sungai, penanaman pohon di situ, embung dan waduk, lomba daur ulang sampah rumah tangga, edukasi kali bersih untuk usia dini, pembersihan saluran drainase dan pembentukan gerakan masyarakat peduli sungai. Beberapa aksi nyata tersebut juga diselenggarakan oleh BWS Kalimantan II, seperti penanaman 1000 pohon, pemberian 100 tong sampah ke 10 sekolah dasar, dan lomba angkat lumpur dan sampah di sungai.

 

Lomba angkat lumpur dan sampah merupakan acara puncak yang dilaksanakan oleh BWS Kalimantan II dalam memperingati HAD XXV. Kegiatan yang dilaksanakan pada 22 Maret 2017 ini berlokasi di Ruas Sungai Teluk Dalam, Jl Mayjen Sutoyo, Banjarmasin. Lomba angkat lumpur dan sampah ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat masyarakat untuk menyelamatkan sungai dengan membiasakan diri mengelola sampah dengan baik, dan tidak membuang sampah sembarangan terutama ke sungai.

 

Lomba ini turut melibatkan pelajar, mahasiswa, komunitas peduli sungai, dan masyarakat sekitar Banjarmasin. “Ada 40 kelompok yang turut berpartisipasi dengan jumlah anggota masing-masing kelompok 10 orang. Harapannya, mereka akan semakin termotivasi untuk memulihkan kondisi daerah aliran sungai, sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif merawat kebersihan dan kelestarian sungai”, tutur Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Dwi Sugiyanto yang hadir dalam pembukaan lomba tersebut.

 

Dwi menambahkan bahwa Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menggandeng beragam komunitas masyarakat yang berada di kawasan sungai agar bisa membangkitkan rasa peduli terhadap sungainya melalui aktivitas seperti pembersihan sungai dari sampah. Berbagai komunitas ini nantinya juga berperan penting membantu pemerintah dalam membangun fasilitas sanitasi yang baik bagi masyarakat. (dro kompuSDA)

 

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami