© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

DPR RI Tinjau Pembangunan Penanggulangan Banjir Sungai Mamuju

DPR RI Tinjau Pembangunan Penanggulangan Banjir Sungai Mamuju


Kategori : Berita SDA

  02 Agustus 2016



Foto : Kepala BWS Sulawesi III, Nizam memberikan penjelasan ke tim Komisi V DPR RI


Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja untuk meninjau infrastruktur Direktorat Jenderal Sumber Daya Air di Provinsi Sulawesi Barat pada 1-3 Agustus 2016. Kunjungan kerja ini merupakan salah satu program kerja Komisi V DPR RI pada masa reses persidangan ke IV. Rombongan Komisi V DPR RI ini dipimpin oleh H Muhidin M Said dan didampingi oleh Kepala Sub Direktorat Sungai untuk Wilayah Timur, Febri Imam Harta dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III, Mohammad Kontra Nizam Lembah. Infrastruktur yang ditinjau dalam kunjungan kerja tersebut adalah pembangunan penanggulangan banjir Sungai Mamuju.

 

Nizam menyampaikan bahwa Sungai Mamuju terbagi atas tiga aliran sungai yaitu, Sungai Karema, Sungai Korongana dan Kali Mamuju sendiri yang semuanya berada dalam Wilayah Kota Mamuju. Pengelolaannya berada dalam Wilayah Sungai (WS) Kaluku-Karama, WS Palu-Lariang yang secara administratif terletak di Kabupaten Mamuju Propinsi Sulawesi Barat. Pembangunan Perkuatan Tebing Sungai Mamuju menggunakan bahan batu besar (batu gajah) dilengkapi dengan bangunan krib, turap, tanggul pasangan dan tanggul tanah, guna melindungi sungai dari ancaman erosi, luapan air sungai dan banjir yang terjadi setiap tahun yang secara teknis pelaksanaannya akan menjadikan alur sungai menjadi normal, mengembalikan penampang lebar sungai, serta membentuk dan mengamankan tebing sungai agar tidak terjadi longsoran pada tebing sungai.

 

Dalam penjelasannya kepada Komisi V DPR RI, Nizam juga menambahkan bahwa pembangunan tanggul pengendali banjir dan perkuatan tebing Sungai Mamuju ini bertujuan untuk mengamankan areal permukiman penduduk dari genangan banjir di kota Mamuju dan untuk mendukung terwujudnya pengendalian daya rusak air. Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Provinsi Sulawesi Tengah SNVT PJSA Wilayah Sungai Kalukku-Karama, WS Palu-Lariang telah melaksanakan kegiatan pembangunan tanggul pengendali banjir dan perkuatan tebing Sungai Mamuju sejak tahun 2014 pada tiga wilayah sungai kota Mamuju yaitu Kali Mamuju, Sungai Karema, dan Sungai Korongana.

 

Muhidin selaku ketua pimpinan dalam kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Sulawesi Barat menjelaskan bahwa kunjungan kerja ini terkait dengan pemantauan program-program pembangunan infrastruktur termasuk sumber daya air untuk membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia. (dro kompuSDA)






Bagikan :

Cetak