© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Daerah Irigasi P4ISDA Tahun 2015 menjadi 1.500

Daerah Irigasi P4ISDA Tahun 2015 menjadi 1.500


Kategori : Berita SDA

  02 September 2015



Foto : 28072015


Daerah Irigasi P4-ISDA Tahun 2015 menjadi 1500

 

"Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air (P4-ISDA) merupakan salah satu program pro rakyat yang dilakukan oleh Ditjen SDA, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Hal ini dikarenakan dana langsung diterima dan digunakan oleh petani guna meningkatkan daya beli masyarakat," tutur Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Mudjiadi saat rapat Persiapan Pelaksanaan P4-ISDA, di Jakarta, (28/7).

Program P4-ISDA sudah dimulai dari tahun 2013 dan diperuntukkan untuk daerah irigasi atau jaringan irigasi bukan desa. Rencana tahun 2015 terdapat 1.500 DI dan lokasi disesuaikan dengan juknis yang ditetapkan. Untuk beberapa balai mengalami kenaikan D.I yang harus dilaksanakan salah satu diantaranya adalah BWS Sumatera 1 yang semula 30 menjadi 38, BBWS Brantas dari 80 menjadi 100.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk pemberdayaan dan partisipasi masyarakat petani pemakai air dalam kegiatan teknis perbaikan jaringan irigasi dan perbaikan jaringan irigasi sehingga dapat mengembalikan kondisi dan fungsi saluran irigasi.

 

Memasuki musim kemarau, Mudjiadi berharap agar cepat tanggap dan berperan serta sesuai dengan tupoksi dan koordinasi dengan instansi terkait, serta dapat mengklasifikasi kekeringan apakah disebabkan oleh kesalahan manusia atau bukan dan juga  tanggap darurat.

"Akhir bulan ini diperlukan kerja keras agar dapat terlaksana dengan baik sesuai output dan outcome yang diharapkan," tambahnya.

Turut hadir Direktur Pengawasan dan Distribusi BPKP, Direktur Bina OP, dan BBWS dan BWS.


Bagikan :

Cetak