Pengumuman ( 5):

Delegasi CNCID Lanjutkan Technical Visit ke Bali


Print Friendly and PDF
Foto :

Setelah mengunjungi beberapa proyek infrastruktur sumber daya air di Jawa Barat, delegasi Chinese National Committee on Irrigation and Drainage (CNCID) melanjutkan technical visitnya ke Bali (18/11). Technical visit ini merupakan salah satu tindak lanjut setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Indonesian National Committee of International Commission on Irrigation and Drainage (INACID) dan CNCID pada 2013 lalu.

 

Delegasi CNCID di Bali secara langsung mengamati beberapa proyek irigasi dan drainase di Bali, di antaranya lokasi irigasi Subak Bali, pengamanan pantai Bali dan Bendung Gadon II. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Balai Wilayah Sungai Bali Penida I Ketut Jayada, Kepala Subdirektorat Irigasi Wilayah Timur Ditjen SDA Muradi, dan narasumber Sura Adnyana dari Dinas Pekerjaan Umum Bali.

 

Dalam kunjungan ke lokasi irigasi Subak di Jatiluwih Tabanan, Sura Adyana memaparkan keberhasilan sistem irigasi Subak. Subak adalah sistem irigasi tradisional Bali yang berfungsi sebagai satu kesatuan sistem dari para pemilik atau penggarap sawah yang menerima air irigasi dari satu sumber air atau bendungan tertentu. Subak merupakan satu kesatuan ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan. Asas kerja sistem Subak sendiri didasarkan pada prinsip keadilan sosial kultural. Setiap warga subak bertugas mengatur pembagian air, memelihara dan memperbaiki sarana irigasi, melakukan kegiatan pemberantasan hama, serta melakukan inovasi pertanian. Karena kekhasan dan keberhasilan ini, pada tahun 2012 UNESCO menetapkan Subak sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

 

Pada kesempatan itu Deputi Sekretaris Jenderal CNCID Ding Kunlun selaku ketua delegasi menyatakan kekagumannya akan sistem irigasi Subak. Berangkat dari hal itu dan mengingat kemiripan Indonesia dan China dalam hal kondisi sumber daya air dan kependudukan, ia mengharapkan melalui technical visit ini akan terjalin kerjasama yang makin intens antara Indonesia dan China dalam pengelolaan irigasi. Di akhir kunjungannya Ding Kunlun menyampaikan apresiasinya atas sambutan dan keramahan INACID selama di Indonesia. Tak lupa ia mengundang delegasi INACID untuk melakukan kunjungan serupa ke China.

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami


    Statistik Pengunjung
    hari ini 1
    Kemarin 0
    Online 0
    Total 340088