© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Direktur Jenderal SDA Resmikan Gedung Baru BWS Sumatera V dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku di Padang

Direktur Jenderal SDA Resmikan Gedung Baru BWS Sumatera V dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku di Padang


Kategori : Berita SDA

  24 Agustus 2014



Foto : 24082014


Direktur Jenderal Sumber Daya Air Mudjiadi meresmikan dua proyek infrastruktur di lingkungan Balai Wilayah Sungai Sumatera V di Padang (22/8). Kedua proyek yang diresmikan adalah Gedung Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera V dan Pembangunan Intake dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Lubuk Paraku Kota Padang.

Dibangun sebagai ganti gedung lama Balai Wilayah Sungai Sumatera V yang roboh akibat gempa bumi pada 2009, gedung baru yang berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman ini menghabiskan total anggaran senilai Rp 23 miliar, dengan rincian anggaran pembangunan fisik senilai Rp 18 miliar, anggaran pengadaan mobiler senilai Rp 3 miliar, dan anggaran pengadaan sarana dan prasarana senilai Rp 2,4 miliar. Sementara untuk Pembangunan Intake dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Lubuk Paraku dengan kapasitas sebesar 200 liter per detik ini, Balai Wilayah Sungai Sumatera V menganggarkan biaya senilai Rp 17 miliar rupiah.

 

Dalam sambutannya Mudjiadi menyampaikan harapannya atas selesainya pembangunan dua proyek tersebut. "Gedung Balai Balai Wilayah Sungai Sumatera V diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan kinerja para pegawai Balai Wilayah Sungai Sumatera V serta meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pelayanan Balai Wilayah Sungai Sumatera V kepada masyarakat, terutama dalam bidang sumber daya air," tuturnya.

 

Sementara itu Pembangunan Intake dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Lubuk Paraku diharapkan meningkatkan cakupan pelayanan penyediaan air minum di Kota Padang terhadap sebanyak 15 ribu sambungan rumah. “Pembangunan jaringan air baku ini penting dilakukan sebagai bagian dari upaya percepatan Millenium Development Goals (MDGs). Saya mengharapkan agar pembangunan yang dilakukan ini dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Mudjiadi.

 

Dalam kesempatan yang sama Mudjiadi juga menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh sebagai Pemenang III Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Pekerjaaan Umum (PKPD-PU) Sub Bidang Sumber Daya Air Kategori Kota Tahun 2013. “Sebagai bagian dari apresiasi dan penghargaan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air atas prestasi tersebut, kami akan menyerahkan kepada satu unit mobil pick-up kepada Pemerintah Kota Payakumbuh guna membantu kegiatan operasi dan pemeliharaan infrastruktur SDA yang menjadi tanggung jawabnya,” ujarnya.

 

Peresmian kedua proyek tersebut dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian PU Hasanuddin, Wakil Walikota Padang Emzalmi, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Barat Ali Musri, jajaran pejabat eselon dua dan tiga di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kepala Dinas PU Kota Padang Hermen Peri, Direktur Utama PDAM Kota Padang Suloko, serta perwakilan penyedia jasa pembangunan gedung BWS Sumatera V dan Pembangunan Intake dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Lubuk Paraku.


Bagikan :

Cetak